Benarkah Memakai Masker Wajah Setiap Hari Pasti Membuat Kulit Lebih Mulus?

Benarkah Memakai Masker Wajah Setiap Hari Pasti Membuat Kulit Lebih Mulus?

Mungkin salah satu produk skin care favorit Anda adalah masker wajah. Berbagai manfaat yang dijanjikan skin care tersebut seperti menjadikan kulit wajah kian mulus dan bersih. Hal tersebutlah yang membuat sebagian besar wanita memilih untuk rutin mengaplikasikan masker pada wajah, bahkan hingga setiap hari. Namun, amankah hal tersebut dilakukan? Apa dampaknya bagi kesehatan wajah? Simak ulasannya berikut.

Benarkah Memakai Masker Wajah Setiap Hari Pasti Membuat Kulit Lebih Mulus?

Efek memakai masker wajah setiap hari

Fungsi utama pemakaian masker pada wajah menurut Dokter kecantikan Kardiana Purnama Dewi ialah untuk menambah kadar air di wajah dan menyerap minyak berlebih. Namun, waktu pemakaian yang terlalu lama justru akan memberikan efek sebaliknya, yakni menghilangkan kelembapan alami wajah.

Jika pemakaian masker pada wajah rutin Anda lakukan setiap hari, maka secara terus menerus masker tersebut akan menyerap minyak di area wajah, bahkan sampai menyerap minyak alaminya. Pemakaian masker pada wajah setiap hari justru membuat kulit semakin mengering jika Anda memiliki masalah kulit kering bahkan dapat menghilangkan kelembapan alami wajah.

Ternyata, penggunaan masker setiap hari membuat kulit menjadi lebih kering

Banyak yang menganggap jika menggunakan masker dalam waktu lama adalah hal yang tepat. Padahal, karena terlalu lama terkena udara yang bercampur dengan masker cara ini hanya akan membuat kulit cantik Anda kian mengering bukannya mengembalikan kelembapan kulit.

Pada dasarnya, tipe kulit yang Anda miliki menentukan jenis masker dan penggunaannya. Misalnya jika kombinasi kulit yang Anda miliki cenderung berminyak di area T-zone dan cenderung kering di bagian pipi. Berarti, masalah kulit tersebut bisa diredakan memakai sleeping mask, masker tanah liat (clay mask) dan masker berbentuk lembaran (sheet mask). Untuk penggunaannya sendiri cukup ikuti aturan yang tertera pada label produk bukannya memakai masker setiap hari berturut-turut.

Waktu terbaik untuk pakai masker wajah

Sebaiknya dalam seminggu cukup gunakan masker wajah 1 sampai 2 kali 20 menit. Tujuannya ialah untuk memberi kesempatan bernapas pada kulit wajah dan menjaga keseimbangan minyak agar tidak berlebih atau terlalu kering. Sebelum memutuskan memakai masker merek tertentu, pastikan untuk selalu membaca daftar kandungan pada label produknya terlebih dahulu. Segeralah beralih ke produk lain jika Anda menemukan kandungan alkohol di dalamnya. Karena, alkohol dapat membuat kulit wajah terasa kering.

Anda tak perlu mengikuti jejak selebriti ternama yang mempunyai kebiasaan memakai masker pada wajah setiap hari.  Ingatlah jika rutinitas dan jenis kulit Anda berbeda dengannya. Artinya, efek dari setiap hari menggunakan masker tidak menjamin terjadi juga pada diri Anda. Jadi, dalam seminggu cukup gunakan masker wajah satu sampai dua kali yang diiringi dengan tidur yang cukup dan perbanyak minum air putih.

Be the first to comment on "Benarkah Memakai Masker Wajah Setiap Hari Pasti Membuat Kulit Lebih Mulus?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*