Cantik Maksimal dengan Kosmetik Produk Halal

Semua umat muslim diwajibkan untuk memakan dan memakai segala sesuatu yang halal. Itulah mengapa isu produk halal cukup menjadi hal yang sensitif di Indonesia. Tak hanya makanan saja yang harus dipastikan kehalalannya, namun produk kosmetik juga harus Anda ketahui kandungan di dalamnya. Hal ini lantaran beberapa bahan kosmetik juga terkadang mengandung zat-zat yang diharamkan sehingga dikhawatirkan ketika mengenai kulit maka akan mempengaruhi ibadah dan keberkahan di hidup Anda.

Isu kosmetik halal ini memang belum seramai makanan halal. Publik justru lebih fokus terhadap pemilihan produk yang tidak mengandung hidrokinon, merkuri dan bahan berbahaya lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya menyadari sejak saat ini akan pentingnya kehalalan dalam semua produk yang Anda pakai. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan terkait kosmetik produk halal, antara lain:

  • Perhatikan kembali komposisi bahan yang dipakai di dalamnya

Secara umum, suatu bahan ketika haram dimakan maka akan haram juga ketika dipergunakan untuk keperluan lainnya. hal ini lantaran beberapa produk seperti pelembab hingga serum akan bisa mudah masuk ke dalam darah pemakainya. Perhatikan jika ada kandungan sodium heparin dan plasenta karena telah diharamkan oleh MUI lantaran berasal dari babi.

  • Logo sertifikasi kehalalan

Ada baiknya jika Anda memantapkan diri dalam menggunakan kosmetik yang sudah memiliki label halal di kemasannya. Sudah ada sertifikat di bagian kemasan dari MUI di beberapa jenis kosmetik. Tidak semua produk kosmetik memakai sertifikasi kehalalan, namun bukan berarti juga produk tersebut selalu mengandung bahan haram. Untuk itu, kembali lagi ke awal dengan memperhatikan komposisinya.

Baca Juga: Cara Membedakan Produk Halal dan Tidak

  • Kosmetik impor

Tidak semua kosmetik yang berasal dari luar negeri selalu haram. Hal ini lantaran kesadaran akan kehalalan suatu produk juga banyak dipertimbangkan di luar negeri sehingga beberapa negara telah memberikan sertifikasi kehalalan juga di produknya. Sertifikasi halal dari Malaysia adalah yang menjadi acuan untuk internasional. Bahkan Amerika pun juga memiliki lembaga untuk identifikasi produk yang halal. Carilah informasi di internet terkait hal ini sehingga Anda bisa mendapatkan kejelasan.

  • Cari kosmetik dengan bahan dari tumbuhan, bukan hewani

Mengenali suatu produk yang halal atau tidak bukanlah suatu hal yang mudah lantaran dari segi komposisinya pun sulit dijelaskan karena banyaknya bahan turunan. Namun Anda juga bisa memilih kosmetik dengan bahan dari tumbuhan yang pastinya halal.

Itulah beberapa cara untuk mengetahui apakah produk kosmetik tersebut halal atau tidak. Untuk itu, pastikan memilah dengan lebih teliti jenis kosmetik yang akan Anda pakai sehingga dipastikan bahwa hanya produk halal saja yang Anda gunakan dan masuk ke tubuh Anda.

 

Be the first to comment on "Cantik Maksimal dengan Kosmetik Produk Halal"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*