Cara Memanjangkan Rambut secara Alami yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Ternyata rajin menggunakan vitamin rambut saja tidak cukup untuk memanjangkan rambut. Agar rambut lebih cepat tumbuh dengan kondisi yang baik diperlukan beberapa upaya selain menutrisi rambut. Selain perawatan dari dalam, rambut juga perlu dirawat dan dihindari dari berbagai faktor yang menyebabkan pertumbuhan rambut terhambat.

Untuk memanjangkan rambut sebaiknya gunakan cara memanjangkan rambut secara alami saja yang mudah digunakan dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Memang ada juga yang memilih memanjangkan dan menumbuhkan rambut dengan prosedur perawatan khusus yang membutuhkan bantuan ahli seperti dokter. Namun itu biasanya hanya terjadi jika rambut mengalami masalah kerontokan rambut yang parah dan rambut yang sulit tumbuh panjang meskipun sudah melakukan berbagai cara.

Lalu bagaimana cara memanjangkan rambut yang alami? Cek caranya di sini ya!

 

  1. Potong rambut di bagian ujung rambut

Jangan percaya mitos yang mengatakan jika sering memotong rambut maka rambut akan tumbuh lebih cepat dan lebih tebal. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Potong rambut memang perlu dilakukan jika kamu merasa rambutmu mudah rontok dan bercabang. Namun itu pun kamu hanya perlu memotong rambut pada bagian ujung rambut secara rutin. Jangan memotong rambut sampai terlalu pendek, pastikan hanya memotong bagian ujung rambut saja.

  1. Hindari keramas setiap hari

Kamu sering keramas setiap hari agar kulit kepalamu bersih dan tidak lepek? Sebaiknya mulai saat ini kurangi intensitas keramas yang terlalu sering dan berikan jeda 1-2 hari sebelum keramas berikutnya. Kenapa jangan terlalu sering keramas? Hal ini karena shampoo dan kegiatan mengeramas rambut akan menghilangkan minyak alami dari rambut yang justru melembabkan rambut dan berguna untuk pertumbuhan.

Jika terlalu sering keramas, rambut akan lebih kering dan justru sulit untuk tumbuh panjang. Selain itu, disarankan juga melakukan keramas dengan menggunakan air dingin saja. Air dingin ternyata lebih bagus untuk kulit kepala karena mampu melembutkan kutikula rambut, mencegah kekeringan di rambut, dan mencegah kerusakan rambut akibat alat pemanas rambut.

  1. Gunakan kondisioner

Jika biasanya kamu sering lupa menggunakan kondisioner, maka setelah ini kamu mungkin tidak akan melewatkan pemakaian kondisioner setiap kali sehabis keramas. Kondisioner penting digunakan untuk mengganti protein dan lipid yang menurun dari dalam batang rambut. Jika kamu malas menggunakan kondisioner setiap hari karena terburu-buru untuk melakukan aktivitas lainnya, setidaknya gunakan kondisioner minimal 1 kali dalam seminggu.

Manfaat kondisioner lainnya selain untuk mengganti protein dan lipid yaitu untuk menutup kultikula agar tidak terjadi kerusakan lebih parah di rambut. Tapi harus diingat, jangan gunakan kondisioner di kulit kepala karena justru menyebabkan rontok. Kamu hanya perlu menggunakan kondisioner pada ujung rambutmu saja.

  1. Hindari mengeringkan rambut dengan alat pemanas

Biasanya jika terburu-buru untuk beraktivitas, kita sering menggunakan hair dryer agar rambut yang basah lebih cepat kering dan lebih praktis digunakan. Namun penggunaan hair dryer bisa memberikan efek buruk bagi rambut yang terkena udara panas hair dryer yakni rambut menjadi kering, mudah patah, dan rontok. Tentunya hal ini akan menghalangi impianmu untuk mendapatkan rambut panjang dan sehat idaman.

Jadi lebih baik keringkan rambut secara alami dengan mengangin-anginkan di udara atau mengipas dengan kipas angin. Namun hati-hati, mengipas rambut dengan kipas angin bisa menimbulkan gejala masuk angin. Jadi cara mengeringkan rambut yang paling aman hanya dengan mengangin-anginkan rambut di udara bebas secara alami saja.  

  1. Hindari menyisir rambut yang basah

Kita mungkin sering menyisir rambut saat masih basah dengan alasan agar rambut yang kering nanti lebih mudah diatur dan tidak kusut. Namun hal ini tidak baik untuk rambut. Sebaiknya sisir rambut saat rambut sudah kering saja. Rambut yang basah akan lebih lemah sehingga mudah rusak.

Meskipun kamu sehari-hari lebih sering mengikat rambut agar tidak merasa panas, namun jangan lupa menyisir rambut minimal 2 kali sehari terutama sebelum tidur. Gunakan sisir yang bergigi jarang agar rambut tidak rontok. Menyisir harus dilakukan dengan perlahan agar rambut tidak mudah patah dan tidak menimbulkan rasa sakit di kulit kepala.

6. Pijat kulit kepala secara rutin

Memijat kepala secara rutin ternyata bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut karena peredaran darah di kepala akan lebih lancar. Itulah sebabnya biasanya dalam perawatan rambut di salon atau klinik kecantikan, kulit kepala sering dipijat ringan. Kita pun bisa melakukan pijat kepala ini sendiri di rumah cukup dengan memijat kepala perlahan selama kurang lebih 5-15 menit saja.

Lakukan minimal 3 kali dalam seminggu agar aliran darah di kepala semakin lancar sehingga proses penumbuhan rambut pun lebih cepat. Setelah memijat rambut, gunakan vitamin rambut di kulit kepala agar vitamin tersebut mudah meresap di kepala. Jika kamu belum mengetahui vitamin rambut yang bagus, kamu bisa melihat rekomendasinya di https://review.bukalapak.com/beauty/5-rekomendasi-vitamin-rambut-untuk-mengatasi-rambut-rusak-akibat-sinar-matahari-12756.

 

Be the first to comment on "Cara Memanjangkan Rambut secara Alami yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*