Daftar Makanan Sehat Rahasia Kulit Cantik Alami dari Dalam

Daftar Makanan Sehat Rahasia Kulit Cantik Alami dari Dalam

Kulit berperan sebagai perisai pertahanan pertama tubuh dalam melawan bakteri bakteri. Sebab, kulitlah bagian tubuh terluar yang pertama kali kontak dengan lingkungan. Kulit juga berfungsi untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan mengubah sinar matahari menjadi vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Supaya kulit cantik tetap terjaga indah alami dari dalam, Anda perlu memperhatikan asupan makanan Anda setiap hari. Berikut adalah sumber makanan yang wajib Anda konsumsi agar kulit Anda selalu terjaga keindahannya.

Daftar Makanan Sehat Rahasia Kulit Cantik Alami dari Dalam

Makanan Kaya Vitamin A, C, E

Meski ketiga vitamin tersebut memberikan manfaat yang berbeda, namun ketiganya memberikan kontribusi untuk menjaga kulit cantik, berikut ulasannya:

  • Vitamin A bisa membantu menjaga kulit Anda tampak lebih segar dan bercahaya dengan mencegah kekeringan, mengurangi bintik-bintik gelap, dan membenahi kerutan. Makanan dikemas dengan vitamin A termasuk sayuran berdaun gelap, jeruk, wortel, melon, strawberry dan telor.
  • Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit Anda. Protein tersebut membantu mencegah keriput, garis-garis, dan kerut pada kulit Anda. Makanan kaya vitamin C termasuk paprika, buah jeruk, sayuran hijau gelap, pepaya, dan kiwi.
  • Vitamin E adalah antioksidan yang melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Vitamin E bisa ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, zaitun, sayuran hijau gelap, dan minyak sayur.

Makanan Kaya Koenzim Q10

Tubuh Anda membuat antioksidan yang disebut Koenzim Q10 yang terlibat dalam membuat energi dan membantu kerja sel-sel tubuh Anda. Koenzim Q10 bisa Anda temukan dalam ikan seperti salmon, tuna, biji-bijian, dan lainnya.

Makanan Mengandung Omega-3

Siapa sangka jika ikan tuna, salmon, kacang kenari, hingga bayam dan alpukat merupakan rahasia dari kulit cantik alami luar dalam? Seluruh makanan ini mengandung omega-3 yang merupakan salah satu jenis lemak tak jenuh yang bagus untuk tubuh Anda.

Makanan Kaya Antioksidan

Makanan kaya antioksidan dipercaya bisa membuat kulit cantik alami dari dalam. Antioksidan bekerja memperbaiki kerusakan sel kulit akibat dari paparan sinar ultraviolet dan faktor eksternal lain (seperti nikotin dan alkohol). Antioksidan merupakan “pemangsa” radikal bebas yang berperan dalam melindungi kulit Anda. Efek paling menonjol dari antioksidan yaitu kemampuannya untuk memberikan rangsangan produksi kolagen. Inilah komponen penting proses peremajaan kulit. Makanan yang tinggi antioksidan termasuk biji-bijian, buah-buahan terutama yang berwarna-warni dan sayuran seperti buah, tomat, aprikot, bit, labu, bayam, ubi jalar, jeruk, paprika, dan kacang-kacangan.

Makanan Kaya Selenium

Sama halnya dengan antioksidan, selenium bisa membantu melindungi kulit Anda dari radikal bebas yang bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan kulit kering maupun kerusakan jaringan. Selenium juga bisa membantu mencegah kanker kulit. Selenium bisa ditemukan pada udang, ikan seperti kakap, tuna, salmon, daging sapi, tiram, sarden, kepiting, dan sebagainya.

 

Be the first to comment on "Daftar Makanan Sehat Rahasia Kulit Cantik Alami dari Dalam"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*