Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui dalam Perawatan Rambut Rusak!

Salah satu bentuk kerusakan rambut yang banyak dialami baik oleh kaum laik-laki maupun perempuan adalah rambut rontok. Rambut rontok atau dalam istilah medis disebut alopesia adalah penurunan jumlah rambut yang signifikan pada kulit kepala. Kondisi kerontokan rambut ini ditujukan bagi seseorang yang kehilangan lebih dari 100 helai rambut per harinya.

Adapun penyebab kerontokan rambut adalah bermacam-macam, bisa akibat perubahan hormon (alopesia androgenik), karena alasan lain, atau karena kesalahan dalam perawatan rambut. Berikut adalah ulasannya:

  1. Kerontokan rambut akibat perubahan hormon seseorang

Kerontokan rambut akibat perubahan pada hormon biasanya dialami oleh seseorang yang berusia lebih dari 50 tahun. Pada pria, pola kerontokan di usia tua ini bersifat khas yakni membentuk lengkungan pada kedua sisi pelipis dan semakin lama lengkungan tersebut akan membentuk seperti huruf M dan lama-lama kerontokan tersebut akan mengakibatkan kebotakan pada kepala Anda.

Adapun pada perempuan, bentuk kebotakan terjadi sedikit berbeda dibandingkan pria, yakni kerontokan akan terjadi di seluruh bagian rambut atau tidak hanya terpusat di bagian tertentu saja. Pada jenis kerontokan ini, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi tubuh untuk mengurangi kerontokan. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan asam amino yang dapat membantu dalam hal perawatan rambut rusak.

  1. Kerontokan rambut karena alasan lain

Adapun untuk kerontokan rambut karena alasan lain disebabkan karena kondisi-kondisi tertentu seperti asupan gizi yang tidak seimbang atatu terlalu sering melakukan proses kimia di salon contohnya adalah sering mewarnai dan meluruskan rambut. Selain itu kerontokan rambut yang parah dapat pula dialami oleh penderita kanker, diabetes, down sydnrom, dan hipertiroidisme. Ketiga kondisi tersebut dapat menyebabkan kerontokan yang dalam istilah medis disebut alopesia areata di mana pada awalnya kerontokan ditandai dengan rambut yang pitak sebesar koin.

Kerusakan rambut juga dapat disebabkan oleh obat-obatan yang tengah dikonsumsi seperti obat untuk artritis, depresi, gangguan jantung, serta obat tekanan darah tinggi. Selain itu, kerontokan rambut juga dapat disebabkan oleh terbentuknya luka karena penyakit imun seperti sarkodiosis dan lupus yang diderita. Pada kasus ini, penyakit dapat menyebabkan kerontokan secara permanen.

Dan terakhir, tekanan psikologis adalah alasan untuk jenis kerontokan yang disebabkan oleh alasan lain. Tekanan psikologis misalnya stres dapat menyebabkan seseorang mengalami penipisan rambut pada kepala. Akan tetapi kerontokan untuk sebab ini hanya bersifat sementara.

Adapun cara mengatasi rambut rontok apabila Anda mengalami hal di atas adalah dapat berkonsultasi dengan dokter ahli terkait kerontokan rambut. Biasanya, dokter akan memberikan obat berupa finasteride dan minodixil pada pria dan minodixil saja pada wanita.

Penanganan rambut rontok dengan menggunakan obat ini hanya berlangsung sementara selama penderita mengkonsumsi obat. Setelahnya, Anda akan disarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami yang aman untuk perawatan rambut rusak.

  1. Kerontokan rambut karena kesalahan dalam perawatan

Alasan terakhir kerontokan rambut adalah adanya kesalahan dalam perawatan rambut. Apabila selama ini Anda sering berganti-ganti produk dan malas untuk membaca kandungan apa saja yang ada dalam rangkaian produk perawatan rambut, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter ahli terdekat agar Anda segera tahu jenis rambut serta perawatan rambut yang cocok untuk Anda gunakan sehari-hari.

Be the first to comment on "Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui dalam Perawatan Rambut Rusak!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*