Inilah Beberapa Kegunaan Air Mawar untuk Kecantikan Kulit, Coba Yuk!

Sudah pernah menikmati manfaat air mawar viva untuk wajah? Hasilnya memuaskan bukan? Air mawar memang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan lho! Ternyata air mawar telah digunakan sebagai ramuan tradisional kecantikan sejak zaman dulu. Air mawar ini berasal dari penyulingan kelopak bunga mawar, di mana hasil penyulingan tersebut akan menghasilkan cairan aromatik dan minyak.

Selain hasil sulingan air mawar tersebut beraroma harum yang menyegarkan, air mawar juga mengandung bahan antiseptic, antibakteri, dan anti inflamasi yang akan meredakan peradangan di kulit dan memberikan efek relaksasi di kulit. Kandungan vitamin A, C, dan E dalam air mawar mampu menjadi antioksidan yang dapat mencegah penuaan (aging). Wah, banyak sekali ya manfaat air mawar! Yuk simak penjelasan lebih lengkapnya tentang kegunaan air mawar di bawah ini!

1. Mempercepat Penyembuhan Jerawat

Setiap wanita pasti merasa tidak nyaman ketika jerawat muncul di wajah. Selain rasanya sakit dan membuat bekas jerawat di wajah, kehadiran jerawat akan membuat kita merasa tidak percaya diri. Nah, untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat serta menghilangkan bekas jerawatnya, kamu bisa menggunakan air mawar. Cara mempercepat penyembuhan jerawat dengan menggunakan air mawar sangat mudah. Kamu tinggal menuangkan dua hingga tiga tetes air mawar pada kapas. Kemudian gunakan kapas air mawar tersebut untuk menyeka kulit wajah.

Hal ini bisa dilakukan sebelum atau setelah mencuci muka. Dengan penggunaan yang rutin, kandungan air mawar yang antiseptik dan antibakteri mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Setelah jerawatmu mereda pun, kamu harus tetap rajin menggunakan air mawar ini untuk membersihkan bekas jerawat.

2. Menyegarkan Kulit

Kamu pasti nggak asing dengan toner kan? Biasanya toner digunakan bersamaan dengan penggunaan milk cleanser yang fungsinya untuk membersihkan, melembabkan, dan menyegarkan kulit. Seperti halnya produk Viva yang menggunakan air mawar sebagai bahan toner, memang air mawar sudah dikenal sebagai toner karena mampu menjadi astringent alami. Astringent sendiri adalah zat yang mampu menyegarkan, menyerap kelebihan minyak, dan memperkecil pori-pori.

Cara menggunakannya cukup dengan menuangkan air mawar pada kapas lalu tepuk-tepuk pada permukaan wajah. Hal ini bisa dilakukan bersamaan dengan kegiatan double cleansing dengan milk cleanser ataupun hanya toner saja. Lakukan cara ini sebelum tidur secara rutin untuk mendapatkan efek kulit yang segar dan lembut

3. Membuat Kulit Halus, Kenyal, dan Elastis

Kegunaan air mawar lainnya untuk kecantikan kulit yaitu mampu menghaluskan, mengenyalkan, dan mengelastiskan kulit. Kandungan vitamin C di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan dan perangsang produksi kolagen. Seperti yang kita ketahui, kolagen merupakan salah satu protein penyusun tubuh dan jaringan kulit yang mampu menjadikan kulit terlihat halus, kenyal, dan elastis. Kamu bisa memasukkan air mawar sebagai salah satu bahan perawatan kulit alamimu agar kulit sehat, kenyal, dan halus semakin mudah dicapai. Cek di sini ya untuk cara menggunakan air mawar dalam rangkaian skin care harianmu :  https://review.bukalapak.com/beauty/5-cara-menggunakan-air-mawar-dalam-rangkaian-skincare-harian-38839.

4. Mencerahkan Kulit secara Efektif

Air mawar memang produk perawatan kulit tradisional yang bagus dan efektif menghasilkan kulit yang cantik dan segar. Buktinya, air mawar bukan hanya mampu menyegarkan, mempercepat penyembuhan jerawat, dan mengenyalkan kulit, air mawar juga mencerahkan kulit.

Kenapa bisa mencerahkan kulit? Hal ini terjadi karena air mawar mengandung vitamin A, C, dan E, yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati di lapisan terluar kulit wajah. Selain itu, air mawar memang bersifat antioksidan sehingga dapat memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit. Alhasil kulit kusam dan banyak bekas jerawat akan berangsur-angsur hilang dan digantikan kulit wajah yang lebih cerah.

5. Memberikan Efek Relaksasi

Pernah lihat bath tub yang berisi potongan kelopak bunga mawar? Jika kamu pernah melakukan kegiatan spa, kamu pasti tidak asing dengan salah satu rangkaian perawatan spa yakni berendam di air mawar. Air mawar memang memiliki efek relaksasi sehingga cocok digunakan sebagai campuran air saat berendam air hangat.

Tidak hanya itu, rendaman air mawar juga bisa menjadi aromaterapi yang bagus untuk menenangkan pikiran dan membuat ruangan menjadi harum. Jika kamu lelah bekerja seharian dan butuh kesegaran dan ketenangan, kamu bisa mencampurkan dua gelas ekstrak air mawar ketika mandi. Dijamin setelah mandi, kamu akan lebih segar dan rileks.

6. Membantu Menghilangkan Ketombe

Bukan hanya untuk kecantikan kulit wajah, air mawar juga bisa membantu menghilangkan ketombe lho! Jika kamu sering berganti-ganti shampoo untuk mengatasi ketombe di kulit kepala, mungkin kamu bisa mencoba bahan alami dari mawar. Jangan salah, air mawar memang sudah dikenal sebagai pengobatan untuk radang kulit kepala dan menghilangkan ketombe.

Caranya cukup dengan menggunakan air mawar sebagai campuran pada shampoo atau menggunakannya terpisah sebagai kondisioner alami. Bahkan air mawar juga konon bisa menutrisi dan membantu pertumbuhan rambut..

7. Membuat Mata Lebih Cerah

Satu lagi manfaat air mawar yang mungkin tidak kita duga yakni mencerahkan mata. Dengan menyimpan kapas air mawar di daerah mata yang bengkak atau gelap selama kurang lebih lima menit, mata pandamu akan cerah sedikit demi sedikit.

8. Menyempurnakan Riasan Makeup

Makeup sudah terlihat kusam karena sudah terlalu lama? Jangan khawatir, kamu bisa menyemprotkan air mawar ke wajah. Alhasil wajah akan lebih segar dan cerah, serta kamu pun akan lebih fresh setelah menghirup aroma harum dari air mawar.

9. Pembersih Riasan

Meskipun sekarang sudah banyak beredar produk pembersih riasan, kamu bisa menggunakan pembersih riasan yang alami juga. Ya, air mawar bisa juga digunakan sebagai pembersih riasan. Bahkan efek dari air mawar ini tidak kalah dengan produk pembersih riasan dari brand yang sudah ternama. Bahkan air mawar bisa membersihkan kulit wajah tanpa menyebabkan iritasi karena tidak mengandung alkohol.

 

 

Be the first to comment on "Inilah Beberapa Kegunaan Air Mawar untuk Kecantikan Kulit, Coba Yuk!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*