Kandungan dalam Lipstick yang Wajib Anda Ketahui

Kandungan dalam Lipstick yang Wajib Anda Ketahui

Lipstick merupakan salah satu alat makeup yang wajib dimiliki dan dibawa ke mana pun. Tanpa pulasannya, rasanya penampilan Anda jadi kurang optimal. Tidak  heran, hampir semua penggemar kosmetik menyukai benda kecil ini dan bahkan mengoleksi dengan berbagai macam warna. Nah, apa saja sih kandungan si mungil ini?

Kandungan dalam Lipstick yang Wajib Anda Ketahui

Tiga Bahan Dasar

Hampir  seluruh jenisnya mengandung tiga bahan dasar, yaitu lilin, minyak, dan pigmen.

 

  • Minyak

 

Kandungan minyak berfungsi untuk memberikan kelembapan pada bibir.  Selain itu, minyak juga berfungsi untuk mengubah kepadatan. Contoh kandungan minyak yang ada di dalamnya yaitu petrolatum, lanolin, cocoa butter, minyak jojoba, minyak castor, dan minyak mineral.

 

  • Pigmen

 

Pigmen merupakan sumber warna-warni pada lipstick. Kandungan minyak yang lebih sedikit pada membuat  pigmen lebih kaya dan mencolok. Maka, warna menjadi lebih tebal ketika dipulaskan ke bibir. Sementara itu, kandungan minyak yang lebih banyak pada membuat  warna kurang tebal. Sehingga, Anda mungkin harus mengoleskan berkali-kali ke bibir hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Nah, bagi Anda yang memiliki bibir kering, produk dengan kandungan lebih banyak minyak sangatlah sesuai. Sebaliknya, jenis matte, kurang cocok bagi Anda dengan bibir kering. Jenis matte ini memang dikagumi banyak wanita  karena warnanya lebih tebal.

 

  • Lilin

 

Kandungan lilin berfungsi untuk memberikan  bentuk dan tekstur yang menyebar di bibir Anda. Lipstick  jenis  matte memiliki  kandungan lilin yang lebih banyak. Sehingga jenis  ini bisa menutupi keseluruhan warna bibir Anda dan  tampak menyatu di bibir. Umumnya, jenis lilin yang banyak terkandung, yaitu beeswax, candelilla wax, atau camauba (yang lebih mahal).

Bahan Kandungan Lain

Selain tiga bahan dasar tersebut, terdapat pula kandungan lainnya, yaitu pewangi, pengawet, antioksidan, dan terkadang logam berat. Kandungan ini tentu berbeda-beda antar produk tergantung pihak produsen.

 

  • Antioksidan

 

Kandungan antioksidan dalam lipstick juga berfungsi untuk membuat jadi lebih tahan lama dan selalu  segar. Selain itu, antioksidan bisa membantu menutrisi dan memberi kelembapan pada bibir.

Umumnya, antioksidan diperoleh dari vitamin A, vitamin E, dan vitamin C yang ditambahkan ke dalamnya. Namun, bagi Anda yang sedang hamil, harus menghindarinya.  Karena memiliki resiko yang berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya.

 

  • Pengawet

 

Bahan pengawet dipakai untuk membuat lipstick lebih  tahan lama dan melindungi dari pertumbuhan  bakteri. Namun, hindari produk yang mengandung paraben sebagai pengawet. Karena paraben  rupanya membahayakan kesehatan Anda. Sehingga, perhatikan dan lebih berhati-hati ketika mau membeli sebuah produk. Tentunya, kesehatan Anda yang berharga tidak mau terganggu.

 

  • Pewangi

 

Pewangi atau parfum digunakan untuk membuat wangi lipstick lebih menarik, sehingga tidak  bau tengik seperti minyak. Tentu saja konsumen tidak ingin mencium bau tidak enak sepanjang waktu.

Be the first to comment on "Kandungan dalam Lipstick yang Wajib Anda Ketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*