Kosmetik Bebas Bahan Kimia, Pahami Dulu Perbedaan Produk Kecantikan Alami dan Organik Ini

Kosmetik Bebas Bahan Kimia, Pahami Dulu Perbedaan Produk Kecantikan Alami dan Organik Ini

Para produsen kosmetik belakangan ini begitu gencar memasarkan produk perawatan kulit dengan berbagai kelebihan. Salah satu produk yang tenga marak ditawarkan adalah prduk kecantik yang bebas dari bahan kimia. Di era digital seperti ini, para wanita dengan mudahnya mengakses informasi mengenai produk kecantikan apa saja yang mengandung bahan kimia tinggi dan mana produk yang murni dibuat dari bahan alami dari internet. Setelah mengetahui bahaya bahan kimia terhadap kulit, mereka pun memilih untuk beralih mengganti produk mereka dengan yang berbahan alami dan organik.

Kosmetik Bebas Bahan Kimia, Pahami Dulu Perbedaan Produk Kecantikan Alami dan Organik Ini

Sebelum memutuskan untuk beralih ke perawatan kulit yang lebih aman dari bahan alami, ada baiknya Anda mengenali dulu perbedaan produk kecantikan alami dan organik.

Produk Kecantikan Berbahan Alami

Sesuai dengan namanya, produk ini terbuat dari bahan alami yang aman untuk kulit. Sebelum menggunakan perawatan wajah ini sebaikanya Anda lebih cermat. Pasalnya, label alami pada kosmetik memiliki dua arti yakni menggunakan bahan alami namun menambahkan satu atau dua bahan kimia yang tetap aman dan kedua adalah kosmetik yang benar-benar murni mengandung bahan alami tanpa sedikitpun bahan kimia.

Tipe pertama adalah produk yang berlabel alami namun bahan yang dikandungnya hanyalah ekstrak dari bahan alami saja. Produk ini terbilang tidak bisa dibilang produk sebagai produk murni alami, karena hanya menggunakan ekstraknya saja bukan bahan asli dari alam. Jadi, pastikan Anda mencermatinya lebih teliti.

Kedua adalah produk berlabel alami yang menggunakan bahan murni dari alam tanpa campuran bahan kimia. Untuk memeriksanya, Anda bisa membaca label bagian ingredient, di sana tertulis mengenai bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam suatu produk. Jika benar-benar alami makan Anda tidak akan menemukan tulisan seperti quanternium, paraben dan bahan kimia lainnya. Namun, jika Anda menemukan nama asing, jangan dulu berpikiran negative. Bisa saja nama tersebut merupakan nama latin dari bahan alaminya, seperti Rosa centifolia untuk bunga mawar, Sodium chloride untuk sea salt dan citric acid untuk sitrus yang terkandung di dalam lemon

Produk Kecantikan Berbahan Organik

Jenis produk kecantikan ini boleh dibilang lebih berkualitas dibanding produk yang berlabel alami saja. Pasalnya, selain dari bahan alami, kandungan dari produk ini terbuat dari tanaman yang ditanam secara organik sesuai namanya. Organik di sini artinya tanaman tersebut bebas dari bahan pupuk kimia seperti pestida misalnya. Berbeda dengan produk kecantikan berlabel alami yang dapat diklaim dengan mudah, produk ini tidak boleh sembarangan menyandang label organik. Pasalnya harus ada sertifikat organik yang diberikan oleh badan khusus seperti USDA dan NSF. Di Indonesia sendiri, ada badan yang juga mengeluakan sertifikat produk organis yakni BIOCert. Jadi, sekarang Anda bisa menjamin keaslian produk organik yang Anda gunakan dengan melihat labelnya.

Be the first to comment on "Kosmetik Bebas Bahan Kimia, Pahami Dulu Perbedaan Produk Kecantikan Alami dan Organik Ini"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*