Kosmetik Menggunakan Bahan Kimia, Jadi Lebih Bijak Dalam Menggunakannya

Kosmetik Menggunakan Bahan Kimia, Jadi Lebih Bijak Dalam Menggunakannya

Kehidupan kaum hawa tidak akan pernah lepas dari kosmetik. Tak hanya digunakan untuk mepercantik diri. alat makeup ini juga digunakan untuk tujuan kesehatan seperti mengatasi jerawat, melindungi kulit dari sinar matahari hingga lebih menutrisi kulit. Walaupun demikian, seorang wanita yang mengutamakan kesehatan dan kecantikan juga harus mengetahui bahan pendukung alat makeup yang mereka gunakan.

Kosmetik Menggunakan Bahan Kimia, Jadi Lebih Bijak Dalam Menggunakannya

Konsumen sering kesulitan dalam memilih alat makeup yang sehat bagi kulit, karena banyak klaim produk kecantikan dengan label natural. Jangan sampai keliru, hanya karena produk tersebut menggunakan label demikian, bukan hal ini bukan berarti jika kandungan produk tersebut aman dan sehat seperti yang sudah diiklankan. Apalagi, banyak kosmetik yang ada di pasaran tanpa memiliki izin dari BPOM. Karena itu, penting bagi Anda untuk kritis mencari informasi apa saja kandungan alat makeup, agar bisa memilih yang paling tepat.

Bahan Beracun Dalam Kosmetik

Anda harus lebih mewaspadai bahan kimia beracun yang ada di berbagai kosmetik yang dapat mengundang bahaya kesehatan. Ada beberapa bahan yang dilarang digunakan seperti salisilanilida, bithionol, kandungan zicronium kompleks, propelan klorofluorokarbon, propelan klorofluorokarbon, kloroform, metilen klorida dan masih banyak lagi.

Hindari Bahan Kimia Berbahaya

Sedangkan, ada juga bahan kimia yang bisa digunakan tetapi harus dibatasi dengan ketat seperti tabir surya dalam alat makeup. Ada juga bahan-bahan yang penggunaannya dihindari seperti formaldehida, hydroquinone, coal tar, paraben, triclosan, benzalkonium klorida dan lain-lain.

Perhatikan Kandungan Kosemetik yang Kurang Aman

Selain beberapa bahan di atas, Anda juga harus memperhatikan beberapa kandungan alat makeup yang tak aman seperti:

  • Wewangian. Aroma yang berada dalam alat makeup sebetulnya bukan kandungan yang paling utama. Tetapi banyak produk di pasaran yang memiliki keharuman tertentu. Padahal, bahan kimia untuk membuat wewangian ini sering memunculkan reaksi alergi.
  • Pengawet. Tambahan pengawet di produk kecantikan juga harus menjadi perhatian. Secara umum, pengawet ini dipergunakan untuk membunuh bakteri serta memperpanjang masa guna produk. Tetapi, jika pengawet diberikan secara berlebihan, akibatnya malah mengiritasi kulit dan menyebabkan alergi.
  • Kemasan. Pilih kemasan yang kedap udara dan aman karena kemasan ini akan membuat bakteri tak berkembang biak. Sedangkan, kemasan yang tak tertutup rapat bisa terkontaminasi bakteri.

Selain memperhatikan tips di atas, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum menggunakan kosmetik seperti mencuci tangan hingga bersih, terutama jika Anda harus memasukkan jari dalam wadah produk kecantikan tersebut, selain itu simpan di tempat yang baik dan sejuk. Hindari menyimpan di tempat yang terlalu hangat karena akan mendorong pertumbuhan mikroorganisme, terakhir hindari menggunakan produk kecantikan yang disimpan terlalu lama. Bila perlu buang setelah beberapa bulan dibuka, karena kandungannya sudah tidak maksimal lagi, dan bisa jadi sudah tercampur dengan bakteri.

Be the first to comment on "Kosmetik Menggunakan Bahan Kimia, Jadi Lebih Bijak Dalam Menggunakannya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*