Tips Kecantikan dengan Menjaga Produksi Kolagen Agar Selalu Awet Muda

Tips Kecantikan dengan Menjaga Produksi Kolagen Agar Selalu Awet Muda

Kolagen memiliki peran besar bagi kecantikan wanita. Kolagen berguna untuk membuat kulit terlihat menjadi kenyal, awet muda serta bebas keriput. Sayangnya, dengan bertambahnya usia, produksi kolagen semakin lama semakin menurun. Agar jumlahnya tetap terjaga, Anda bisa memperoleh kolagen dari suntikan, makanan dan suplemen. Kolagen sendiri adalah protein di dalam tubuh, tepatnya berada di tulang, otot, serta urat. Di bagian kulit, kolagen berguna untuk mempengaruhi kekuatan kulit.

Tips Kecantikan dengan Menjaga Produksi Kolagen Agar Selalu Awet Muda

Kolagen berguna menjaga kulit agar selalu elastis dan lembab. Tetapi, dengan berjalannya waktu, kulit bisa kehilangan elastisitas serta kekencangannya karena produksi kolagen berkurang. Ada beberapa penyebab penurunan produksi kolagen.

Penyebab Produksi Kolagen Mengalami Penurunan

 

  • Merokok. Nikotin yang ada di dalam rokok bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah di lapisan kulit paling luar. Aliran darah pada kulit menjadi kurang lancar. Kulit pun menjadi kekurangan oksigen serta nutrisi yang penting. Asap rokok juga bisa merusak kolagen, kulit pun terlihat kendur dan keriput.
  • Sinar matahari. paparan sinar matahari dalam jangka panjang bisa mempercepat penuaan. Sinar matahari akan merusak serat elastin yang ada di lapisan kulit paling dalam.
  • Kurang tidur. Banyak penelitian yang menunjukkan jika kekurangan jam tidur serta buruknya kualitas tidur bisa berpengaruh pada penuaan dini, kulit pun terlihat menjadi kusam.

 

Tips Meningkatkan Kolagen

Kolagen di tubuh memang dapat berkurang, namun ada beberapa tips kecantikan agar memperoleh kolagen dari luar, berikut beberapa cara yang bisa Anda ikuti, antara lain:

  • Mengkonsumsi makanan yang bisa memproduksi kolagen. Kolagen disusun dari asam amino. Untuk memperolehnya, Anda bisa mendapatkan dari asupan makanan, hal ini dikarenakan tubuh tak dapat memproduksi asam amino esensial. Zat tersebut dapat ditemukan pada susu, ikan, telur, serta makanan laut. Kebanyakan sayuran juga memiliki kandungan zat ini. Tak hanya asam amino, produksi kolagen dapat dirangsang dengan makanan-makanan yang memiliki kandungan vitamin C dan A seperti tomat, jeruk, dan anggur.
  • Konsumsi suplemen kolagen. Studi memaparkan jika wanita yang mengkonsumsi 2,3 hingga 5 gram suplemen dengan kandungan kolagen selama 2 bulan, mempunyai kondisi kulit yang baik. Hal ini ditandai dengan kulit menjadi lebih lembut dan elastis.
  • Suntik kolagen. Kolagen juga dapat diperoleh dari suntikan. Suntikan ini bisa mengembalikan kolagen di kulit, sehingga bisa membantu menghaluskan garis wajah. Dengan menggunakan suntikan ini, struktur kulit akan dipulihkan, kulit pun menjadi lebih muda.

Sekarang ini banyak krim yang memiliki kandungan kolagen dan diklaim bisa membuat kulit menjadi lebih muda. Padahal, krim kecantikan ini hampir sama dengan krim pelembab yang lain, yakni hanya bekerja di permukaan kulit. Hingga sekarang, belum terdapat krim yang bisa mengembalikan kolagen serta menghilangkan kerutan, entah krim yang memiliki kandungan kolagen atau pun tidak.

Be the first to comment on "Tips Kecantikan dengan Menjaga Produksi Kolagen Agar Selalu Awet Muda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*