Tips Mencerahkan Kulit Hitam Agar Tampak Lebih Segar

Tips Mencerahkan Kulit Hitam Agar Tampak Lebih Segar

Kulit merupakan organ terluar yang menutupi tubuh manusia. karenanya kondisi kesehatan kulit menjadi kondisi yang terlihat secara langsung oleh orang lain. Bukan hanya kesehatannya, namun warna kulit juga menjadi ciri dan tanda dari sehat atau tidaknya seseorang. Orang yang memiliki kulit hitam padahal ia berasal dari ras mongoloid akan tampak aneh karena memang sewajarnya ras mongoloid memiliki kulit yang berwarna kuning atau kecoklatan. Hal ini bisa menjadi sebuah gejala pigmen kulit yang berubah terlalu banyak atau matinya sel kulit akibat pengaruh sinar matahari dan radiasi bebas.

 Tips Mencerahkan Kulit Hitam Agar Tampak Lebih Segar

Bagi Anda yang awalnya berwarna kulit kuning atau kecoklatan dan seiring waktu menjadi kehitaman karena aktifitas, bisa jadi Anda terlalu banyak menghabiskan waktu di bawah terik matahari langsung atau karena pengaruh polusi udara. Hal ini bisa memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan kulit bahkan dapat berdampak pada penyakit kulit yang serius. Untuk pencegahannya dan agar Anda bisa memiliki kulit dengan warna yang lebih cerah kembali, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan: 

  • Menggunakan sun block.

Jika Anda memang sering melakukan aktifitas di luar rumah karena pekerjaan atau hobi, Anda bisa melindungi kulit menggunakan sun block. Seperti namanya, lotion ini akan melindungi kulit Anda dari pengaruh sinar matahari selama beberapa waktu. Durasi sun block melindungi kulit bisa dilihat dari kandungan SPFnya yang tertera pada kemasan. Semakin kecil SPF yang dimiliki maka semakin sering Anda perlu mengoleskan krim kembali pada kulit Anda untuk melindungi pigmen.

  • Menggunakan pelembab.

Kulit yang kering juga akan lebih mudah berubah warna menjadi lebih gelap karena matinya sel kulit. Untuk mencegahnya, gunakan selalu pelembab setiap hari. Kulit yang lembab akan menghindarkan Anda dari penuaan diri dan gejala kulit kering yaitu kulit bersisik dan menjadi berwarna lebih gelap.

  • Lulur susu.

Cara mengatasi kulit hitam lainnya adalah dengan melakukan luluran. Bahan luluran yang efektif untuk mencerahkan warna kulit adalah susu. Bukan hanya karena warna susu yang secara alami adalah putih namun juga karena kandungan pelembab alaminya dan anti oksidan yang terkandung dalam susu sangatlah tinggi.

  • Mandi dan membersihkan area wajah.

Membersihkan kulit dengan cara mandi akan mengangkat sel kulit mati penyebab warna hitam. Karenanya mandilah dengan teratur dan jangan lupa membersihkan area wajah sebelum tidur.

Dengan cara-cara di atas, Anda akan terhindar dari kulit hitam jika memang Anda berasal dari ras mongoloid yang secara wajar berkulit kuning atau kecoklatan. Meski begitu, tak semua kulit yang hitam merupakan gejala gangguan kesehatan karena beberapa ras manusia memang memiliki pigmen kulit yang lebih berwarna.

 

Be the first to comment on "Tips Mencerahkan Kulit Hitam Agar Tampak Lebih Segar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*