4 Ciri-ciri Makanan Sehat yang Wajib Diketahui Supaya Tidak Salah Makan

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bebas dari penyakit kronis dan berbahaya maka Anda memerlukan makanan sehat. Makanan yang sehat ini baiknya tidak hanya dikonsumsi sesekali atau hanya pada saat tubuh jatuh sakit saja melainkan setiap hari. Asalkan rutin dikonsumsi maka dijamin perlahan tubuh akan lebih fit, imbasnya tentu pada aktifitas yang bebas gangguan sehingga bisa menikmati kegiatan menyenangkan. Sayangnya untuk menikmati makanan yang aman bagi tubuh ini sekarang tidaklah mudah terlebih jika tinggal di kawasan perkotaan.

Kenali Ciri-ciri Makanan yang Dikatakan Sehat

Supaya bisa menjaga kesehatan tubuh baiknya masyarakat di perkotaan mencoba mengolah sendiri menu makanannya setiap hari. Pastikan paham bagaimana mengolahnya supaya menu ini menjadi makanan yang sehat, dimana secara umum makanan yang demikian memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Mengandung nutrisi yang seimbang,

Makanan yang dikatakan sehat tentunya wajib mengandung nutrisi yang seimbang, sehingga jangan asal kenyang dan jangan asal enak di lidah. Rasa makanan boleh enak dan perut menjadi kenyang usai bersantap, namun tidak lengkapnya nutrisi bisa membuat tubuh bermasalah. Pastikan mengandung serat, vitamin, protein, dan sebagainya supaya sehat seimbang.

  • Matang secara sempurna,

Menikmati makanan sehat tentu wajib dalam kondisi matang, sehingga dipanaskan dahulu supaya tidak ada kuman dan bakteri di dalam makanan tersebut. Namun tidak semua bahan makanan bisa disantap dalam kondisi matang, misalnya buah dan sayuran tentu dinikmati dalam kondisi mentah lebih menarik. Sayuran tertentu aman dijadikan lalapan, aman dikonsumsi tanpa dipanaskan dulu, namun wajib dicuci bersih supaya tidak ada sisa pestisida, kuman, maupun bakteri yang tertinggal di dalamnya.

  • Bukan menu yang dipanaskan atau dihangatkan,

Untuk memastikan menu makanan yang disantap benar-benar sehat maka baiknya dalam kondisi segar, disantap setelah diolah. Sehingga jangan sampai memasak sekali dalam sehari kemudian sebelum bersantap dipanaskan dulu. Pasalnya menghangatkan makanan yang telah diolah justru membuatnya mudah dihinggapi kuman dan bakteri. Terlebih jika makanan tersebut sampai menginap semalam sampai dua malam, maka ketika dihangatkan dan disantap artinya Anda menikmati sampah. Kandungan nutrisi di dalamnya sudah hilang tanpa bekas dan menjadi beban di pencernaan.

  • Tidak mengandung MSG dan lemaknya rendah,

Sudah memakai bahan segar kaya nutrisi kemudian dipadukan dengan menu lain yang nutrisinya juga kaya. Namun diolah dengan menambahkan MSG, maka membuat tubuh menikmati racun sebab MSG mengandung senyawa-senyawa yang tidak aman dikonsumsi rutin dan berlebihan. Baiknya hindari MSG dan pastikan diolah secara sehat supaya rendah lemak, hindari minyak kecuali untuk menumis dan itupun dalam jumlah terbatas. Nutrisi di dalam makanan sehat akan lebih maksimal, dijamin tidak membuat gemuk ataupun berbahaya bagi organ vital di badan.

 

Be the first to comment on "4 Ciri-ciri Makanan Sehat yang Wajib Diketahui Supaya Tidak Salah Makan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*