5 Tanaman Obat yang Bagus untuk Kesehatan Otak

5 Tanaman Obat yang Bagus untuk Kesehatan Otak

Sebelum ada pengobatan medis seperti sekarang ini, nenek moyang kita menjadikan tanaman herbal sebagai satu-satunya solusi dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu, beberapa jenis tanaman herbal atau yang dikenal sebagai tanaman obat juga memiliki khasiat lain, yakni mampu membantu menjaga kesehatan otak.

5 Tanaman Obat yang Bagus untuk Kesehatan Otak

Seperti yang diketahui, otak merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting sebagai pusat saraf sehingga segala aktivitas yang Anda lakukan, baik secara sadar maupun tidak, semuanya di atur di otak. Oleh karena itu, Anda wajib menjaga kesehatannya, seperti dengan mengonsumsi suplemen atau racikan jamu dari tanaman obat yang bisa menutrisi otak. Berikut ini ada beberapa tanaman herbal dan rempah-rempah yang bisa Anda coba jika ingin menjaga kesehatan otak.

Sage

Salah satu tanaman obat yang bisa membantu meningkatkan daya ingat para penderita penyakit Alzheimer adalah daun sage. Sebuah penelitian yang tercatat dalam-dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, mengungkapkan jika mengonsumsi suplemen ekstrak daun sage secara rutin selama 4 bulan, mampu memperbaiki proses pemahaman informasi pada penderita penyakit Alzheimer, mulai dari yang kondisi ringan hingga sedang. Sayangnya, penggunaan suplemen ekstrak daun sage ini harus sesuai dengan petunjuk dokter karena kesalahan dosis dapat menimbulkan efek peningkatan tekanan darah.

Ginkgo biloba

Berikutnya ada Ginkgo Biloba yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat dalam mengatasi gejala demensia. Dalam studi yang tercatat dalam Journal of Alzheimer’s Disease tahun 2005 memaparkan bahwa ekstrak ginkgo biloba yang dikenal dengan EGb761 mampu memperlambat penurunan kognitif untuk mereka mengalami gejala neuropsikiatrik atau gangguan sistem saraf dan mental. Untuk mencoba khasiat tanaman herbal yang satu ini, Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk suplemen. Namun, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen ini, ada baiknya jika mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.

Kunyit

Kunyit umumnya digunakan untuk bumbu dapur. Namun, siapa sangka jika rempah-rempah yang satu ini bermanfaat bagi kesehatan otak karena memiliki senyawa kurkumin yang bersifat antiradang dan antioksidan.

Selain itu, senyawa yang terkandung pada kunyit juga mampu meningkatkan respons makrofag dalam membasmi plak beta-amyloid di otak sehingga bisa mencegah Anda dari risiko penyakit Alzheimer. Sederhananya, tanaman herbal ini bekerja sebagai penghambat kematian sel saraf otak dan memusnahkan plak dalam otak yang menjadi pemicu munculnya penyakit Alzheimer.

Ginseng

Selain kunyit, rempah-rempah lainnya yang bisa dijadikan sebagai tanaman obat adalah ginseng. Kandungan antioksidan yang ada pada ginseng bisa mencegah peradangan. Selain itu, ginseng juga bisa merangsang perkembangan sel-sel otak serta meningkatkan konsentrasi dan fungsi kognitif otak.

Peterseli dan thyme

Selain digunakan dalam makanan sebagai rempah-rempah, peterseli dan thyme juga dapat Anda manfaatkan sebagai tanaman obat karena mengandung antioksidan flavonoid yang disebut apigenin. Senyawa ini berkhasiat dalam memperkuat koneksi antara sel saraf sehingga bisa merangsang pembentukan sel-sel otak yang baru. Jadi, semakin banyak koneksi antar sel saraf otak, maka semakin kecil pula risiko Anda bisa terkena berbagai penyakit otak seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Be the first to comment on "5 Tanaman Obat yang Bagus untuk Kesehatan Otak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*