Apa yang Dimaksud Makanan Rendah Lemak untuk Gaya Hidup Sehat?

Apa yang Dimaksud Makanan Rendah Lemak untuk Gaya Hidup Sehat?

Tidak sedikit orang yang memilih makanan rendah lemak karena hanya karena ingin menerapkan gaya hidup sehat namun juga karena tidak ingin menjadi gemuk terutama orang yang sedang melakukan diet rendah lemak. Namun, lemak memiliki peran penting yang diperlukan untuk tubuh. Dari asalnya, lemak dibedakan menjadi lemak hewani dan lemak nabati. Menurut sifatnya, lemak dibagi menjadi 3 yaitu lemak jenuh, tidak jenuh dan lemak trans.

Apa yang Dimaksud Makanan Rendah Lemak untuk Gaya Hidup Sehat? 

Lemak memiliki manfaat untuk tubuh termasuk dalam makanan kategori rendah lemak. Manfaat lemak, diantaranya yaitu:

  • Melindungi organ dalam tubuh manusia
  • Memberikan rasa kenyang karena dapat memperlambat sekresi dari asam lambung dan pengosongan lambung.
  • Menjaga suhu tubuh karena 50% lemak berada di bawah permukaan kulit.
  • Membantu untuk menyerap vitamin A, D, E dan K
  • Berpengaruh terhadap kesuburan karena kadar lemak dalam tubuh berpengaruh terhadap kadar esterogen yang dihasilkan.
  • Membantu untuk menghemat protein dalam tubuh.

Lemak yang dikonsumsi dan disimpan dalam tubuh dapat menjadi sumber energi. Dalam 1 gr lemak terdapat 9 kkal energi. Lemak juga berfungsi sebagai sumber asam lemak esensial yang dapat membantu susunan saraf, kekebalan tubuh, sistem reproduksi dan untuk cardiovascular. Namun, memakan makanan yang mengandung banyak lemak, dapat membahayakan tubuh misalnya menimbulkan obesitas. Oleh karena itu tidak sedikit orang yang mengkonsumsi makanan rendah lemak dalam gaya hidup sehatnya untuk menjaga kadar lemak dalam tubuh sesuai batas normal dan mengkonsumsi minuman sehat yang tidak hanya menyegarkan tubuh namun juga memiliki kandungan lemak yang rendah.

Akan tetapi, tidak semua makanan kategori rendah lemak cocok untuk dikonsumsi terutama oleh orang yang sedang melakukan diet. Berikut beberapa hal mengenai makanan yang rendah lemak, diantaranya yaitu:

  • Rendah lemak tidak berarti rendah kalori karena beberapa makanan menambahkan zat atau bahan lain untuk menjaga kualitas makanan. Sehingga sebelum membeli, sebaiknya periksa dahulu tabel nutrisi yang tertera jika ada.
  • Perhatikan kandungan gula dalam makanan yang rendah lemak karena tidak jarang kandungan gula dalam makanan tersebut lebih tinggi sehingga menimbulkan nafsu makan yang lebih.

Pada makanan rendah lemak biasanya diberi label tertentu untuk menentukan kandungan lemak yang ada di dalamnya. Pada makanan yang diberi label low fat, berarti makanan tersebut mengandung sekitar 3 gr atau kurang untuk setiap sajiannya dan tidak melebihi dari 15% kalori dari hitungan saturated fatty acids. Walaupun untuk buah hal tersebut merupakan tanda yang baik, namun, untuk sejenis makanan kaleng atau snack, tergantung dari komposisi lain yang ada dalam produk tersebut. Karena hal tersebut, sebelum memilih makanan rendah lemak untuk gaya hidup sehat, sebaiknya perhatikan kandungannya dan jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji atau makanan kemasan misalnya buah kaleng.

Be the first to comment on "Apa yang Dimaksud Makanan Rendah Lemak untuk Gaya Hidup Sehat?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*