Berat Badan Berlebih Jangan Disepelekan, Karena Bisa Jadi Awal Munculnya Masalah Kesehatan yang Berbahaya

Berat Badan Berlebih Jangan Disepelekan, Karena Bisa Jadi Awal Munculnya Masalah Kesehatan yang Berbahaya

Berat badan menjadi bagian yang sangat sensitif bagi seseorang, dimana diantaranya ada beberapa kalangan yang memiliki ukuran badan terlalu kurus, namun sebaliknya juga ada yang bobotnya terlalu tinggi, bahkan melebihi dari batas normal yang sudah ada. Beragam cara pastinya akan dilakukan untuk mendapatkan bobot yang normal tersebut, karena faktanya hal ini memang sangat mempengaruhi tampilan mereka.

 Berat Badan Berlebih Jangan Disepelekan, Karena Bisa Jadi Awal Munculnya Masalah Kesehatan yang Berbahaya

Setiap orang akan merasa lebih percaya diri jika memiliki bentuk tubuh yang bagus bukan. Bukan hanya masalah penampilan saja, bahkan bobot tubuh ini sebenarnya juga sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh Anda. Misalnya saja adalah mereka yang mengalami obesitas atau yang dikenal juga dengan kelebihan berat, kalangan ini menjadi yang paling rentan terhadap berbagai macam masalah kesehatan.

Berikut ini setidaknya ada beberapa macam resiko penyakit yang sangat mudah menjangkiti mereka dengan berat badan berlebih atau obesitas, diantaranya adalah:

  1. Mengalami gangguan otak, penyakit yang berhubungan dengan kondisi mental ini paling mudah menjangkiti orang-orang yang obesitas, dikarenakan berbagai macam faktor. Kinerja otak mereka bermasalah membuatnya menjadi lebih mudah kecanduan makan, sistem imuns yang berubah bisa menyebabkan terjadinya inflamasi, bahkan juga resiko lain seperti dimensia bahkan juga merusak memory otak, sehingga membuatnya jadi mudah lupa.
  2. Resiko terkena penyakit jantung juga kian tinggi, timbunan lemak agaknya tak hanya pada bagian kulit luar saja, melainkan juga ada di bagian pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah tidak berlangsung secara normal, hal ini membuat jantung harus bekerja secara ekstra untuk memompa darah, menjadikannya mudah sekali mengalami kerusakan.
  3. Hipertensi, tanda awal masalah jantung adalah pada tekanan darah yang berubah menjadi tinggi. Bahkan tekanan darah tinggi secara mendadak ini bisa memicu terjadinya kondisi kesehatan yang serius, salah satu diantaranya adalah terjadinya gagal jantung atau jantung koroner.
  4. Mengalami gangguan pernapasan, orang-orang yang obesitas umumnya tidak bisa tidur dengan nyenyak, hal ini disebabkan karena ketika tengah tidur maka bagian dada mereka akan ditekan dengan tekanan yang tinggi oleh timbunan lemak yang ada di dada. Sehingga membuatnya menjadi sulit bernapas.
  5. Resiko penyakit diabetes juga tinggi, masalah kesehatan yang rawan dialami oleh orang-orang yang obesitas dimana memang nantinya insulin tak akan bisa bekerja secara normal karena terganggu oleh timbunan lemak yang ada di tubuh, sehingga menyebabkan gula darah jadi tinggi.
  6. Kanker, beberapa jenis kanker yang umum menjangkiti orang-orang obesitas diantaranya adalah kanker usus, empedu, payudara, ginjal sampai dengan kanker pankreas.

Jadi hati-hati selalu pantau berat badan Anda dan lakukan olahraga secara teratur untuk membuatnya tetap dalam posisi yang normal.

Be the first to comment on "Berat Badan Berlebih Jangan Disepelekan, Karena Bisa Jadi Awal Munculnya Masalah Kesehatan yang Berbahaya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*