Berbagai Hal Tak Terduga Penyebab Badan Bau Keringat

Berbagai Hal Tak Terduga Penyebab Badan Bau Keringat

Keringat normalnya keluar ketika tubuh melakukan kegiatan yang menguras tenaga, gugup atau saat makan pedas. Keringat sendiri pada dasarnya mempunyai fungsi bagi kesehatan seperti membuat suhu tetap dingin, melancarkan sirkulasi darah, membersihkan racun dari tubuh hingga menjaga kesehatan kulit. Di samping fungsi tersebut, banyak yang melihat keringat sebagai penyebab bau badan. Percaya atau tidak, sebenarnya bau badan tak hanya diakibatkan oleh keringat berlebih. Mungkin hal tersebut lah yang membuat Anda menyimpan pertanyaan mengapa meskipun waktu yang dihabiskan seharian berada di ruangan ber-AC namun bau tidak sedap tetap keluar dari badan. Berikut disajikan 5 penyebab tak terduga dari badan bau keringat.

Berbagai Hal Tak Terduga Penyebab Badan Bau Keringat

Gemar makan berempah dan brokoli

Pepatah We are what we eat ternyata memang benar. Makanan yang kita pilih faktanya juga dapat mempengaruhi bau badan, bahkan bau kaki dan bau mulut juga. Tubuh memang membutuhkan stamina dari ragam nutrisi sekaligus komponen yang terkandung dalam makanan. Namun, beberapa dari mereka adalah biang kerok dari masalah bau badan terutama jika dikonsumsi berlebihan.

Produksi alisin dari rempah-rempah berupa Kari, bawang merah, dan bawang putih adalah penyebab populer dari bau badan. Namun hanya segelintir orang saja yang tahu bahwa brokoli, kubis brussels, dan sayuran lain yang termasuk keluarga cruciferous mengandung sulfur dan sulfida yang menyebabkan bau tidak sedap jika dilepaskan melalui keringat.

Konsumsi obat-obatan

Berkeringat merupakan efek paling umum dari konsumsi obat-obatan, baik resep/nonresep atau produk herbal. Salah satu obat yang dikenal menyebabkan bau tidak sedap adalah Obat-obatan antipsikotik dan antidepresan dikenal. Terlebih, penggunaan acetaminophen dan aspirin berlebihan mengakibatkan produksi keringat berlebih.

Deterjen

Beberapa deterjen cuci baju juga mengandung sejumlah senyawa kimia yang diduga bisa mengembangkan reaksi dalam tubuh. Jika terkena kontak dengan kulit akan menyebabkan pelepasan bau tak sedap saat berkeringat. Selain itu, jika saat membilas baju belum terlalu bersih dari deterjen atau mengeringkan cucian Anda dengan baik, molekul sabun akan menumpuk dalam serat kain. Sehingga setiap kali Anda membasahi pakaian atau berkeringat saat beraktivitas, residu yang mengendap tersebut akan bereaksi dengan kelembapan sehingga mengeluarkan bau apek.

Sering menahan buang air

Racun yang berasal dari segala macam sisa pembuangan yang mengendap dalam tubuh bisa dilepaskan melalui pori-pori. Sehingga menahan buang air kecil dan BAB yang terlalu sering bisa menyebabkan menumpuknya ammonia dalam konsentrasi tinggi dan dibuang lewat keringat. Sehinga, jika menahan buang air secara terus menerus dapat menyebabkan bau keringat. Usahakan tidak terlalu lama menahan buang air.

Semoga berbagai ulasan mengenai penyebab bau keringat di atas dapat membantu Anda mengatasi masalah bau pada badan.

Be the first to comment on "Berbagai Hal Tak Terduga Penyebab Badan Bau Keringat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*