Berbagai Keuntungan Memiliki Kulit Hitam yang Tak Diduga

Berbagai Keuntungan Memiliki Kulit Hitam yang Tak Diduga

Hampir sebagian orang khususnya para wanita sangat mendambakan kulit putih dan bersinar. Tak main-main, mereka bahkan rela melakukan perawatan khusus dengan harga mahal agar mendapatkan kulit putih impian. Namun, tak banyak yang tahu bahwa sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang memiliki kulit hitam memiliki kondisi tubuh yang jauh lebih sehat dibanding mereka yang berkulit putih. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini ada beberapa keuntungan yang didapatkan jika memiliki kulit gelap.

Berbagai Keuntungan Memiliki Kulit Hitam yang Tak Diduga

Terlindung dari sinar matahari

Tidak peduli warna kulit apapun, nyatanya semua orang memiliki jumlah sel melanin yang sama. Yang membedekannya hanyalah ukuran dan penyaluran sel melaininnya saja. Jika semakin besar ukuran melanosit yang Anda miliki, maka semakin gelap pula warna yang Anda miliki.

Oleh karena itu, keuntungan yang bisa diperoleh dari kondisi ini adalah kulit menjadi terlindungi dari paparan sinar matahari sehingga mereka yang memiliki kulit hitam lebih terjaga dari efek jangka pendek seperti terbakar sinar matahari. Kendati demikian, bukan berarti Anda yang berkulit gelap bisa tidak perlu menggunakan sunblock pada saat beraktivitas di luar rumah.

Mengurangi risiko kanker kulit

Manfaat kedua yang bisa diperoleh dari memiliki kulit hitam adalah mengurangi risiko terkena kanker kulit. Mengapa demikian? Karena kulit yang berwarna gelap faktanya memiliki pigmen melanin yang banyak sehingga lebih terproteksi dari sinar UV. Paparan sinar UV yang mengenai kulit orang hitam tidak gampang merusak jaringan sel. Untuk itu, risiko terkena kanker kulit, terutama jenis kanker kulit sel basal dan skuamosa menjadi lebih kecil.

Melindungi sistem saraf

Selain berfungsi melindungi kulit dari sinar UV, pigmen melanin juga bertugas dalam melawan radikal bebas sehingga sistem saraf pusat jadi lebih terlindung, khususnya dari infeksi kriptokokosis. Umumnya, jika sudah mengalami infeksi jamur ini Anda akan mengalami pembengkakan dan iritasi pada otak serta sumsum tulang belakang.

Kebal terhadap beberapa penyakit

Perlu diketahui jika melanin pada serangga bisa melindungi dari ancaman penyakit dengan cara menelan dan membunuh mikro organisme. Hal inilah yang membuat para peneliti beranggapan jika melanin pada serangga juga memiliki fungsi yang sama pada manusia. Anggapan ini bisa menjadi jawaban dari mengapa tentara berkulit putih tiga kali lebih rentan terkena penyakit kulit serius saat bertugas di lingkungan lembab seperti hutan, jika dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit hitam.

Membuat awet muda

Manfaat lain yang bisa didapatkan orang kulit hitam adalah kandungan melanin berlebih yang mampu melindungi kulit dari penyebab kerusakan jangka panjang seperti kerutan, tekstur kulit kasar dan lain sebagainya. Selain itu, orang dengan kulit gelap juga cenderung memiliki serat kolagen yang lebih banyak dan tebal sehingga kulit mereka tampak lebih awet muda.

Memiliki tulang yang kuat

Jumlah pigmen yang lebih banyak pada kulit hitam nyatanya mampu menyimpan cadangan vitamin D3 dari sinar matahari. Keuntungan inilah yang bisa membuat pemilik kulit gelap berisiko lebih kecil mengalami osteoporosis atau tulang yang mudah keropos karena mampu menyerap kalsium lebih banyak dan optimal.

Be the first to comment on "Berbagai Keuntungan Memiliki Kulit Hitam yang Tak Diduga"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*