Fakta Menarik Seputar Bedak Bayi untuk Kesehatan

Fakta Menarik Seputar Bedak Bayi untuk Kesehatan

Bayi biasanya memiliki bau atau harum yang khas dan salah satu penyebabnya adalah karena penggunaan bedakPerlengkapan untuk bayi yang disebut juga dengan talc ini memiliki fakta menarik seperti talc yang menjadi penyebab kanker. Penyebab kanker yang paling utama yang ada di talc adalah karena kandungan asbes dan jenis bahan ini dipergunakan di produk bayi sebelum tahun 1970an. Asbes sendiri merupakan bahan alami yang ada di tambang batu dan bisa meningkatkan resiko mengalami gangguan paru-paru saat dihirup.

Fakta Menarik Seputar Bedak Bayi untuk Kesehatan 

Talc tidak hanya meningkatkan resiko terserang gangguan di paru-paru namun juga kanker seperti kanker ovarium. Berdasarkan pada ahli onkologi ginekologi yang berasal dari Columbia University Medical Center, New York yaitu Dr. Ana Tergas. MD mengemukakan talc sendiri dapat meningkatkan resiko kanker ovarium. Hal ini disebabkan karena banyak yang menggunakan talc untuk mengeringkan bagian selangkangan sehingga talc bisa masuk ke tuba falopi yang menyebabkan kanker ovarium.

Sayangnya, walaupun bedak bayi yang mengandung asbes mampu menjadi penyebab kanker saat digunakan, namun belum tahu pasti seberapa banyak takaran dari talk tersebut yang meningkatkan resiko kanker. Akan tetapi ada yang berpendapat jika semakin lama dan konsisten menggunakan talc maka akan menyebabkan seseorang memiliki resiko yang lebih besar mengalami kanker. Selain karena penggunaan talc ternyata kanker ovarium juga bisa disebabkan karena penuaan dan juga genetika bahkan kedua penyebab tersebut memiliki resiko yang lebih besar seseorang menderita kanker ovarium dibandingkan dengan penggunaan talc.

Fakta lain mengenai talc adalah jika perlengkapan bayi tersebut tidak lebih aman dibandingkan yang dipergunakan oleh orang dewasa. Belum ada data yang mengemukakan jika talc bayi dirancang lebih aman dibandingkan dengan produk untuk orang dewasa. Namun, fakta ini hanya ditujukan untuk jenis talc yang mengandung asbes dan saat ini perlengkapan bayi yang memiliki bau yang khas ini sudah tidak mengandung asbes. 

Beberapa fakta menarik lainnya mengenai bedak untuk bayi dengan kanker adalah: 

  • Para ahli tidak terlalu memperdulikan dengan jangka waktu dari pemakaian talc tersebut dengan kanker paru-paru. Hal tersebut dibuktikan dari American Cancer Society yang mengkonfirmasi jika tidak adanya data yang mengaitkan antara kosmetik dengan kanker paru-paru.
  • Tidak perlu khawatir jika terlanjur menggunakan talc. Penelitian menyebutkan jika wanita tidak seharusnya merasa khawatir karena penelitian menunjukkan asosiasi dan bukan sebab akibat.
  • Umumnya ahli akan mengatakan untuk berhenti menggunakan talc untuk diri sendiri dan untuk anak-anak. Dengan berhenti menggunakan talc tersebut maka bisa menghindari paparan kanker yang serius. Selain itu agar lebih amannya, maka Anda harus membaca komposisi yang lebih teliti dan hindari memiliki talc yang mengandung bahan yang berbahaya seperti asbes.

 

Be the first to comment on "Fakta Menarik Seputar Bedak Bayi untuk Kesehatan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*