Kiat Mengetahui Penyebab Rambut Rontok dan Cara Ampuh untuk Mengatasinya!

Kerontokan adalah momok tersendiri bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan, jatuhnya rambut yakni 50 hingga 100 helai tersebut akan terjadi terus-menerus apabila tidak dilakukan penanganan secara tepat terhadap penyebab rambut rontok berlebihan yang terjadi tersebut. Pada artikel ini, akan dibahas tentang cara mengetahui penyebab rambut rontok berlebihan dan cara mengatasi rambut rontok.

Berikut ulasannya:

  1. Mengetahui penyebab kerontokan rambut

Apabila membahas mengenai penyebab kerontokan rambut, maka akan banyak hal yang akan ditemui sebagai penyebab kerontokan. Akan tetapi mengenali penyebab rambut rontok merupakan langkah awal yang penting agar penanganan rambut rontok yang dijalani mendapatkan hasil yang memuaskan.

Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat mengenai penyebab kerontokan rambut, seseorang dapat berkonsultasi dengan dokter kulit atau dapat dimulai dengan memperhatikan kondisi rambut apakah terjadi penipisan dan kerontokan rambut yang parah atau tidak.

Setelah mendapatkan diagnosa yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah melakukan penanganan terhadap kerontokan rambut tersebut.

  1. Menggunakan jenis sisir rambut yang tepat

Penyebab kerontokan rambut pertama yang biasanya dialami adalah karena penggunaan sisir rambut sembarangan. Hal ini karena tiap jenis rambut membutuhkan jenis sisir yang berbeda. Seperti memakai sisir yang bergigi rapat untuk jenis rambut halus atau memakai jenis sisir bergigi jarang untuk pemilik rambut ikal atau bergelombang.

Kesalahan dalam penggunaan sisir menyebabkan rambut yang tiap harinya telah mengalami patah dan kerontokan beberapa helai akan menjadi semakin banyak dan menjadi parah karena kekusutan yang dihasilkannya.

  1. Mengeringkan rambut dengan cara yang benar

Hal kedua yang menjadi penyebab rontoknya rambut adalah cara mengeringkan rambut yang asal-asalan karena telah dikejar waktu dalam beraktivitas. Adapun cara mengeringkan rambut yang benar adalah dengan mengusap-usap handuk ke rambut dengan lembut sembari diangin-anginkan. Hal ini dikarenakan mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya dengan keras malah akan membuatnya kusut dan mencabut rambut dari kulit kepala.

  1. Memperhatikan produk perawatan rambut

Penyebab berikutnya dari terjadinya kerontokan rambut adalah pemakaian produk yang tidak cocok. Dalam hal ini, seseorang wajib hukumnya untuk memperhatikan produk dan kandungan yang ada di dalam produk tersebut.

Bila setelah berkonsultasi dengan ahli rambut dan diketahui bahwa produk perawatan rambutmu tak cocok, segera ganti dan beralih ke produk yang bebas dari kandungan sulfat, silicon, dan paraben atau kandungan kimia lainnya. Selain itu, gunakan toner dan vitamin rambut untuk memberikan perlindungan lebih kepada rambut.

  1. Mengkonsumsi suplemen dan berolahraga

Bila penyebab kerontokan rambut yang dialami adalah stress, maka biasanya dokter akan menganjurkan untuk berolahraga rutin dan mengkonsumsi suplemen agar kerontokan yang dialami berangsur membaik. Adapun bila penyebab kerontokan adalah karena penyakit, dokter juga akan meresepkan obat ditambah suplemen kepada pasiennya.

  1. Menggunakan bahan-bahan alami

Apabila kerontokan tak kunjung membaik, penggunaan bahan alami sebagai salah satu rangkaian perawatan rambut mungkin bisa menjadi solusi. Hal ini dikarenakan penggunaan bahan alami semalaman yang kaya akan protein, asam amino, dan bahan-bahan penguat rambut seperti kemiri dan kelapa, akan membuat folikel rambut terlindungi sehingga akan menjadikan rambut lebih kuat kedepannya.

Demikianlah ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi rambut rontok. Kamu juga dapat baca selengkapnya untuk tahu informasi lebih mendalam seputar kerontokan rambut lainnya.

Semoga bermanfaat!

Be the first to comment on "Kiat Mengetahui Penyebab Rambut Rontok dan Cara Ampuh untuk Mengatasinya!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*