Simak Beberapa Jenis Makanan Sehat yang Dianjurkan untuk Manula yang Penting untuk Anda Ketahui

Usia yang semakin tua itu adalah sudah menjadi hak paten dalam kehidupan jadi tidak mungkin bisa dirubah kembali. Nah, menginjak masa tua perbedaan cara mengkonsumsi makanan akan tetap ada. Sederhananya nilai kebutuhan gizi dari makanan sehat yang dibutuhkan setiap umur orang itu sama saja. Tetapi memang faktor nafsu makan yang mulai berkurang karena indra perasa yang sudah menurunkan kualitas kerjanya. Tidak sedikit orang tua yang memilih jenis makanan dengan rasa yang sangat mencolok seperti asin, manis, pedas, asam dan lainnya. Padahal jika dilihat dari segi kesehatan hal seperti itu tidak baik.

Kecenderungan mudah terserang penyakit pada para manula sudah bukan lagi menjadi suatu hal yang aneh. Misalnya mudah lelah, tidak stabil, mudah terserang berbagai penyakit dan lain sebagainya. Dan salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan makanan yang baik. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu ada baiknya Anda selalu melihat daftar makanan yang dianjurkan untuk manula, antara lain:

  • Makanan berkalsium.

Yang pertama adalah jenis makanan yang banyak mengandung kalsium seperti susu, kerang, sayuran hijau, ikan dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini mengingat usia 50 tahun keatas merupakan usia dimana sangat rentan terhadap masalah tulang keropos ataupun gangguan persendian lainnya.

  • Makanan berprotein.

Pikun merupakan suatu penyakit yang sudah umum diderita para orang tua lanjut usai dengan umur tertentu. Untuk tetap menjaga daya ingat dan ketajaman otot yang lebih baik Anda bisa mendukungnya dengan berbagai jenis makanan sehat yang berprotein tinggi misalnya ikan, telur, daging, tempe ataupun jenis lainnya.

  • Makanan berserat.

Gangguan pada sistem pencernaan juga sangat sering dialami oleh para manula, penyebab hal ini salah satunya adalah makanan yang kurang berserat. Akibatnya masalah lambung ataupun sulitnya buang air besar menjadi salah satu kendala. Anda bisa menanggulangi dengan berbagai bahan makanan berserat tinggi seperti sayuran, buah, umbi-umbian dan lain sebagainya.

  • Makanan berkalium.

Resiko hipertensi, jantung bahkan stroke sekalipun sangat berpotensi mengancam kesehatan para orang tua. Memasuki usia 50 pasti tekanan darah sudah mulai tidak stabil, bisa naik secara signifikan dan juga turun. Untuk mengurangi hal tersebut Anda bisa meningkatkan asupan makanan yang mengandung banyak kalium seperti kentang, buah pisang ataupun brokoli.

Itulah beberapa jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para orang tua secara rutin. Dalam hal ini jika Anda salah satu orang tua ataupun yang mempunyai orang tua dan telah memasuki usia 50 sangat disarankan untuk terus memperhatikan asupan makanan sehat dan juga baik. Selain dari bahan makannya juga perlu memperhatikan porsi makan serta pola makan yang teratur.

Be the first to comment on "Simak Beberapa Jenis Makanan Sehat yang Dianjurkan untuk Manula yang Penting untuk Anda Ketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*