Tips Mengendalikan Kadar Gula Darah untuk Gaya Hidup Lebih Sehat

Tips Mengendalikan Kadar Gula Darah untuk Gaya Hidup Lebih Sehat

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa kesehatan merupakan barang mahal yang tak semua orang mampu memilikinya. Oleh karena itu, keputusan untuk memulai gaya hidup sehat adalah satu-satunya pilihan agar Anda terhindar dari segala penyakit yang dapat menyerang organ vital tubuh. Salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi semua orang adalah diabetes. Maka dari itu, mulai sekarang Anda harus menjaga kadar gula Anda dengan beberapa tips berikut ini:

Tips Mengendalikan Kadar Gula Darah untuk Gaya Hidup Lebih Sehat

Menjaga Pola Makan

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai gaya hidup sehat adalah menjaga pola makan. Melalui makanan, Anda bisa mengontrol kadar gula darah Anda. Konsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi seperti sayuran, buah-buahan serta menu olahan ikan. Mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang mengandung gula tinggi, serta daging olahan. Selain menjaga pola makan, Anda juga sebaiknya memahami bagaimana menghitung porsi karbohidrat, serta yang paling penting adalah obat-obatan yang bisa mengontrol gula darah Anda, seperti Insulin.

Olahraga

Gaya hidup yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah berolaharga. Menjaga pola makan sepertinya tidak cukup untuk menjaga kadar gula darah Anda. Olahraga secara rutin juga menjadi bagian penting dari gaya hidup sehat. Saat Anda berolahraga, karbohidrat serta gula akan terbakar menjadi nantinya akan menjadi energi bagi tubuh Anda. Disarankan bagi Anda untuk memeriksa kadar gula darah sebelum dan sesudah berolaharga.

Check up Secara Rutin

Untuk memonitor kadar gula Anda, lakukanlah pemeriksaan ke dokter secara rutin, yakni dalam rentang waktu sekali dalam enam bulan. Hal ini bertujuan untuk mengukur kadar kolestrol, tekanan darah, pemeriksaan mata dan lain-lainnya. Check up ini dilakukan karena mengingat dampak yang mungkin akan ditimbulkan penyakit diabetes bagi kondisi organ tubuh lainnya.

Hentikan Kebiasaan Merokok Anda

Jika kebetulan Anda merupakan perokok aktif, sebaiknya kini Anda harus menghentikan gaya hidup buruk ini. Para penderita diabetes yang merokok dapat meningkatkan resiko mengalami penyakit jantung, mata, stroke, ginjal, kerusakan saraf dan kaki secara signifikan.

Batasi Konsumsi Alkohol

Minuman beralkohol memang tidak memberi dampak buruk langsung bagi penderita diabetes. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, justru akan meningkatkan kadar gula yang ada dalam tubuh Anda. Jika ingin mengkonsumsi alkohol, sebaiknya tidak meminumnya lebih dari satu gelas dalam satu hari dan harus dibarengi dengan mengkonsumsi makan sehat bernutrisi tinggi.

Hindari Stres yang Berlebihan

Siapa yang menyangka jika stres dapat memperburuk kadar gula darah Anda. Hal ini disebabkan karena hormone yang dihasilkan tubuh saat Anda mengalami stres menghambat kerja insulin yang Anda konsumsi. Rajinlah melakukan kegiatan yang akan membuat tubuh dan pikiran Anda rileks, seperti berjalan-jalan di sore hari, membaca buku saat senggang atau mendengar musik sembari menikmati waktu bersantai.

Be the first to comment on "Tips Mengendalikan Kadar Gula Darah untuk Gaya Hidup Lebih Sehat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*