Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cara-cara Sederhana

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cara-cara Sederhana

Memiliki berat badan atau BB yang ideal bukan hanya akan mempercantik penampilan namun juga baik untuk kesehatan. Orang dengan BB ideal akan memiliki resiko penyakit lebih sedikit dibandingkan mereka dengan BB berlebih ataupun kurang dari garis normal. Bagi mereka yang terlalu kurus, cara menggemukkan badan mungkin akan lebih menyenangkan. Anda bisa menambah porsi makanan yang sehat dan memiliki kandungan kalori serta lemak lebih banyak untuk bisa menambah berat. Namun bagi mereka yang memiliki masalah obesitas, cara menurunkan BB akan lebih sulit karena harus mengurangi porsi makan hingga melakukan hal yang bisa membakar timbunan lemak.

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cara-cara Sederhana 

Meski terlihat sulit namun menurunkan berat agar mendapatkan badan yang proporsional adalah hal yang sangat penting untuk mencegah resiko penyakit. Bagi Anda yang memiliki masalah obesitas, tak perlu takut untuk memulai proses menurunkan BB karena ada cara-cara sederhana yang bisa dilakukan dan terbukti efektif untuk menurunkan dan mengurangi penyerapan lemak tubuh. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda praktekkan setiap harinya: 

  • Mengunyah makanan lebih lama.

Mungkin masih banyak yang tidak menyadari bahwa kebiasaan mengunyah makanan lebih lama bisa mengurangi penyerapan lemak di dalam saluran pencernaan. Bagi mereka yang ingin makan tanpa mengurangi porsi namun lebih sedikit menambah berat badan ada baiknya menambah durasi Anda ketika mengunyah makanan terutama untuk makanan berlemak. 

  • Mengganti cemilan dengan buah.

Memiliki kebiasaan ngemil tak perlu Anda ubah atau kurangi. Yang perlu dilakukan adalah mengganti cemilan dengan makanan non lemak seperti buah-buahan. Makan buah yang dianjurkan adalah buah dalam kondisi yang sebenarnya dan bukan jus yang sudah ditambah gula ataupun rujak dengan tambahan sambal manis yang pedas.

  • Tidak makan setelah jam 7 malam.

Batasi konsumsi makanan hingga jam 7 malam karena umumnya di malam hari Anda akan sedikit beraktivitas. Jika Anda memiliki kebiasaan makan di malam hari, bisa diganti dengan minum air putih atau agar-agar kaya serat.

Tips menurunkan berat badan tersebut di atas bisa Anda jadikan kebiasaan untuk perlahan-lahan mengurangi asupan lemak di dalam tubuh. Sebaiknya tidak melakukan diet terlalu ketat apalagi jika dilakukan secara drastis karena tubuh Anda perlu melakukan penyesuaian. Mengurangi porsi makan memang perlu dilakukan namun harus dimulai dari pengurangan yang sedikit agar tubuh tidak kaget. Menggunakan obat-obatan kimia juga sebaiknya dilakukan dibawah pengawasan dokter agar Anda mengkonsumsinya dengan cara-cara yang benar sehingga tidak memberikan efek samping yang negatif. Lakukan semua proses diet Anda dengan konsisten dan perlahan hingga didapatkan berat yang ideal. Setelah itu teruslah melakukan kebiasaan baik yang berhubungan dengan makanan dan tubuh untuk menjaga agar kegemukan tak lagi menghampiri Anda.

Be the first to comment on "Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cara-cara Sederhana"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*