Waspada dengan teknik rambut lurus Brazilian Blowout menggunakan Formalin

Waspada dengan teknik rambut lurus Brazilian Blowout menggunakan Formalin

Brazilian blowout adalah salah satu bentuk keratin treatment yakni teknik pelurusan rambut yang diklaim paling baru. Hasil perawatannya membuat rambut lurus alami dan tak mudah kusut. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk proses pelurusan ini. kandungan formalin dalam kadar tinggi yang digunakan membuat banyak yang bilang perawatan ini berbahaya. Untuk mengetahui kejelasan informasinya, simak selengkapnya berikut ini.

Waspada dengan teknik rambut lurus Brazilian Blowout menggunakan Formalin

Brazilian blowout serta cara kerjanya pada rambut

Perawatan ini membantu menghaluskan, melindungi, melembutkan rambut dengan mengikat protein ke lapisan luar rambut. Secara rinci, pada dasarnya proses brazilian blowout menggunakan campuran asam amino berbentuk krim. Rambut Anda akan dikeramasi dan dikeringkan terlebih dahulu hingga 80 persen sebelum memulainya. Kemudian, krim keratin akan dioleskan ke seluruh rambut Anda dan diamkan hingga mengering beberapa saat.

Setelah krim keratin tersebut mengering, untuk membuat rambut lurus dan beraturan rambut dipanaskan menggunakan alat setrika datar. Proses ini juga bertujuan agar keratin bisa masuk meresap ke dalam folikel rambut. Sehingga rambut tidak rusak meskipun dipanaskan dengan alat catok sekalipun.

Setelah diberi krim dan diluruskan dengan alat, selanjutnya rambut akan dibilas conditioner. Dilanjutkan pengeringan menggunakan sistem blow untuk membuat rambut tampak bervolume dan lebih rapi. Proses ini hanya memakan waktu sekitar 90 menit.

Salah satu keuntungan dari brazilian blowout pada rambut ialah mampu bertahan selama 3 hingga 4 bulan. Setelah proses pengerjaan, rambut Anda bisa bebas diapakan saja, entah dikucir, dijepit, bahkan ditekuk sekalipun. Karena hal tersebut tidak akan membekas pada rambut berkat proses pelurusan yang memanfaatkan krim dari bahan keratin, yang sebelumnya sudah ada di dalam rambut Anda.

Bahaya kandungan formalin, pemicu kanker, pada Brazilian blowout

Bahaya tersendiri masih dimiliki proses pelurusan rambut jenis brazilian ini Meskipun diklaim memanfaatkan bahan alami untuk rambut. Bahkan metode membuat rambut lurus seperti ini telah dilarang di Amerika serikat oleh Food and Drug Administration (FDA) atau jika di Indonesia setara dengan Badan POM sejak 2011 lalu.

Krim brazilian blowout ternyata mengandung Formaldehid, yakni sebuah bahan yang digunakan untuk membalsam atau mengawetkan jenazah. Formaldehid (dikenal dengan formalin) sendiri boleh digunakan dalam pemakaian kosmetik hanya dalam takaran 0,2 persen. Sayangnya penggunaannya dalam krim Brazilian blowout jauh melebihi batas takaran. Pada masing-masing merek produk yang berbeda ditemukan sebanyak 8 sampai 12 persen. Hasil pengujian sendiri menunjukkan bahwa bahan ini dapat menyebabkan efek samping tertentu seperti kasus rambut rontok, kesulitan bernapas, hingga mata menjadi perih

Selain itu, bahan formaldehyde ini juga digolongkan sebagai bahan yang berpotensi memicu kanker (karsinogen). Untuk efek jangka panjangnya bagi kesehatan manusia memang belum secara pasti diketahui oleh para ahli. Namun, formaldehid terbukti menyebabkan kanker dalam pengujian laboratorium yang meneliti efek formaldehid pada hewan. Begitupun dengan paparan formaldehid dalam kadar yang tinggi oleh faktor lingkungan pekerjaan (misalnya pekerja medis atau pabrik) juga telah dikaitkan dengan beberapa jenis kanker pada manusia.

Be the first to comment on "Waspada dengan teknik rambut lurus Brazilian Blowout menggunakan Formalin"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*