Beberapa Tempat Makan Sate Kambing Muda

Beberapa Tempat Makan Sate Kambing Muda
Beberapa Tempat Makan Sate Kambing Muda

Momen hari raya kurban atau Idul Adha memang selalu ditunggu tunggu. Selain maknanya yang spesial, acara pembagian daging korbannya memang menjadi salah satu faktor yang ditunggu tunggu. Mungkin beberapa teman masih bingung mau diapakan daging kambingnya. Untuk itu saya akan mengajak teman teman untuk membuat sate kambing muda. Berbeda dengan resep sate kambing kecap, sate kambing solo atau resep sate kambing tegal, Resep bumbu sate kambing Muda menggunakan sambal kacang, sehingga rasanya lebih legit dan lezat kalau dimakan dengan lontong atau nasi. Dibawah saya juga akan memberikan tips untuk membuat daging kambing satenya terasa empuk walaupun tidak di rebus terlebih dahulu.

Memang banyak penjual yang menjajakan resep sate kambing madaura ini di sekitar kita. Tetapi bukan berarti kalau cara membuat bumbu sate kambing itu mudah lho. Seperti resep masakan kambing lainnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya sate kambing yang kita buat nanti empuk dan tidak bau. Yang harus menjadi perhatian dan tips mudah supaya daging kambing yang dibakar nanti empuk adalah menggunakan daun pepaya. Potongan daging kambing jangan terlalu besar dan kemudian bungkus dengan daun pepaya kurang lebih selama 9-12 menit.

Nah, dalam artikel ini akan kami berikan informasi tentang tempat makan sate yang menggunakan sate kambing muda:

 

1. Sate Kambing Batibul Bang Awi

 

Nama batibul disematkan sebagai singkatan dari bawah tiga bulan. Istilah ini menunjuk pada usia kambing yang digunakan sebagai bahan baku sate. Karena menggunakan kambing muda, tak heran jika sate kambing di warung ini punya tekstur empuk. Selain tekstur dagingnya yang empuk, sate di warung Bang Awi ini juga terkenal enak dan bumbunya meresap. Belum lagi disandingkan dengan sambal kecap yang manis pedas gurih. Sate ini beralamatkan di Jl. Dr Saharjo No. 100B, Manggarai, Jakarta Selatan.

2. RM Sate Tegal H. Sadjim

Rumah makan sate yang satu ini terbilang legendaris karena sudah ada sejak 1973. Satu tusuk sate berisi daging dan gajih yang teksturnya empuk tanpa aroma prengus. Sate kambing di warung ini juga terbilang unik karena sebelum dibakar, sate terlebih dulu dibalur dengan bumbu kacang. Selain sate, ada juga menu sop, gule hingga tongseng kambing. Sate ini beralamatkan RM. Sate Tegal H. Sadjim. Jl. Danau Tondano No. A8, Bendungan Hilir.

 

3. Sate Habib Kambing Muda

 

Di kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan ada Sate Habib yang menyuguhkan sate kambing empuk nan nikmat. Ukuran daging kambing yang digunakan juga terbilang cukup besar tapi empuk dan juicy. Sate kambing disajikan bersama irisan cabai rawit, bawang merah dan tomat, sementara kecapnya bisa ditambahkan sesuai selera oleh pelanggan. Sate ini beralamatkan di Jl. KH. Abdullah Syafei No. 17 Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan

Bahan-Bahan

  1. 12 siung bawang merah.
  2. 6 siung bawang putih.
  3. 4 sendok teh biji ketumbar, disangrai terlebih dahulu.
  4. 1 sendok makan jintan, disangrai terlebih dahulu.
  5. Jahe seukuran 1,5 ruas jari telunjuk.
  6. Gula pasir dan merica bubuk secukupnya.

Langkah-langkah

  1. Panaskan mentega atau margarin hingga meleleh.
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan matang, angkat, pindah di piring yang permukaannya datar.
  3. Tambahkan kecap manis dan air asam jawa, aduk hingga tercampur rata.
  4. Lumuri lemak dan daging kambing dengan bumbu tersebut, diamkan sebentar supaya meresap.
  5. Sembari menunggu bumbunya meresap buat bara api dari arang kayu.
  6. Sematkan lemak dan daging kambing yang telah dilumuri bumbu pada tusuk sate.
  7. Bakar satr kambing hingga matang sambil dibolak-balik dan dioles sisa bumbu, angkat, letakkan pada piring saji.
  8. Campur semua bahan pelengkap, aduk menjadi satu.

Nah itulah beberapa cara membuat dan resep bumbu sate kambing muda yang bisa Anda terapkan di rumah masing-masing.

Be the first to comment on "Beberapa Tempat Makan Sate Kambing Muda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*