4 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Pengaruh Buruk Gaya Hidup Serba Teknologi

4 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Pengaruh Buruk Gaya Hidup Serba Teknologi

Semakin kesini masyarakat memang semakin diuntungkan dengan banyaknya sarana teknologi canggih yang diciptakan oleh manusia untuk mendukung aktivitas atau kinerja dari masyarakat. Kehidupan jadi semakin mudah dengan mengandalkan perangkat teknologi tersebut. Sejalan dengan hal tersebut maka gaya hidup manusia juga kian mengalami perubahan. Dari yang banyak bergerak menjadi tidak pernah melakukan gerakan sama sekali dan sejenisnya.

4 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Pengaruh Buruk Gaya Hidup Serba Teknologi 

Perubahan lifestyle di era teknologi ini di satu sisi memang memberikan kontribusi atau dampak yang positif untuk beberapa kalangan, namun tak jarang pula yang justru merasakan dampak negatifnya sehingga tetap perlu diwaspadai. Banyak yang menyebut bahwa generasi di tahun-tahun ini sampai kedepannya adalah kaum millennial yang tidak akan bisa dipisahkan dari perangkat teknologi. 

Hal ini memang ada benarnya, mengingat jika dulunya masih banyak anak-anak yang gemar bersosialisasi secara langsung dengan teman-temannya, maka sekarang ini sudah kian jarang, mereka lebih senang bermain dengan ponselnya sendiri di rumah. Tanpa harus melakukan kontak sosial dengan orang-orang secara langsung. Untuk mencegah dampak negatif pada gaya hidup yang disebabkan oleh teknologi ini, aka berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua:

  1. Batasi penggunaan mereka, meskipun sudah jadi kebutuhan yang sangat penting, namun jangan membiasakan buah hati sejak kecil selalu bermain dengan gadget, ada kalanya mereka juga harus berinteraksi dengan orang-orang di luar sana, jadi untuk beberapa waktu seperti ketika tengah belajar, sampai dengan sekolah, artinya di jam-jam sibuk sebaiknya sita terlebih dahulu ponselnya.
  2. Utamakan untuk membelikan mereka ponsel yang biasa, artinya tidak terlalu canggih, karena semakin canggih nantinya akan semakin aneh hal-hal yang akan dilakukan oleh buah hati. Pastikan juga ponsel khusus buah hati yang di setting agar tidak mampu membuka konten pornografi.
  3. Mulai dari perubahan diri sendiri, jika pada dasarnya orang tua melakukan kebiasaan yang sama, tentunya tidak bisa dijadikan sebagai contoh bagi anaknya untuk tidak selalu bermain gadget. Jadi mulailah perubahan dari diri sendiri dengan membatasi pemakaian ponsel.
  4. Manfaatkan waktu liburan yang ada untuk keluar bersama dengan keluarga, mencari suasana baru dengan liburan. Quality time menjadi hal yang sangat penting dilakukan untuk mendekatkan diri dengan anggota keluarga yang lainnya. jadikan moment-moment langka seperti diantaranya adalah weekend atau liburan panjang untuk berwisata dengan keluarga ke sebuah tempat baru dengan suasana yang alami untuk membangun keakraban.

4 cara tersebut setidaknya bisa menghindarkan anak dari gaya hidup era millennial yang membuatnya tidak bisa berbaur dengan lingkungan sosial mereka, karena bagaimanapun lingkungan sosial nyata adalah tempat manusia untuk saling bergantung dan berhubungan.

Be the first to comment on "4 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Pengaruh Buruk Gaya Hidup Serba Teknologi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*