Artikel Terbaru Migrasi Burung

Migrasi merupakan kegiatan yang sangat umum dilakukan di dunia hewan, hampir sebagian besar hewan melakukan migrasi. Berberapa artikel terbaru migrasi burung kini sudah mudah untuk ditemukan di internet. Hewan di sebagian besar dunia terbang, berenang, berjalan ataupun berlari dari satu tempat ke tempat yang lainnya untuk menemukan makanan, menemukan wilayah yang nyaman ataupun untuk mencari tempat berkembang biak. Hewan besar seperti banteng, hewan air seperti salmon sampai hewan kecil seperti kupu-kupu melakukan migrasi untuk mempertahankan hidupnya.

Burung sebagai hewan dengan mobilitas sangat tinggi memiliki kemampuan terbang ribuan kilometer dan navigasi yang spektakuler untuk bermigrasi dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Setiap tahun pada bulan September sampai November merupakan bulan dimana burung-burung dari daerah Utara, seperti Russia, China dan Jepang berpindah sementara ke Indonesia untuk mencari makan dikarenakan pada bulan-bulan ini di bumi bagian Utara sedang terjadi musim dingin. Musim dingin yang ekstrim menyebabkan berkurangnya pakan bagi burung-burung yang menetap di bumi bagian Utara sehingga dengan terpaksa mereka harus bermigrasi ke wilayah yang lebih hangat dan memiliki pakan yang berlimpah. Indonesia sebagai Negara yang berada di garis khatulistiwa dan juga Negara tropis sangat cocok didatangi burung-burung migran ini.

Baca Juga : Berita terkini dari Bitung

Menurut artikel terbaru tentang burung  migran yang datang ke Indonesia sangat beragam, salah satunya dari kelompok burung pemangsa (raptor) dari keluarga Accipitridae dan Falconidae rutin datang setiap tahunnya. Jenis-jenis elang yang umumnya datang ke Indonesia adalah Elang alap cina (Accipiter soloensis), Sikep madu Asia (Pernis ptylorhinchus), dan Elang alap Nipon (Accipiter gularis). Burung-burung ini dapat kita lihat sedang terbang dan melayang di langit pada bulan Oktober ini, apabila beruntung maka kita dapat melihat ratusan atau ribuan burung ini sedang melayang berputar (soaring). Mereka akan terbang kembali ke daerah asalnya pada bulan April sampai Mei, ketika bumi bagian Utara sedang mengalami musim semi.

Untuk melihat fenomena migrasi ini, anda dapat mengunjungi kawasan terbuka seperti puncakan, punggungan gunung ataupun bukit. Di Jawa Barat, Salah satu tempat yang umum dikunjungi para pengamat burung raptor migran ini ada di Puncak Paralayang, Bogor. Ditempat ini anda dapat mengamati ribuan burung-burung pemangsa yang melintas dengan jelas. Disini juga anda dapat mengamati jenis elang migran lainnya, seperti Elang kelabu (Butastus indicus) dan Baza Hitam (Aviceda leuphotes). Kalau anda sedang beruntung, anda dapat melihat Elang jawa (Nisaetus bartelsi) sedang mencari mangsa di sekitaran puncak Bogor. Selain di Puncak Paralayang, anda dapat berkunjung ke Bandung di daerah  Gunung Batu, atau Panaruban.

Harus diingat bahwa Elang merupakan salah satu hewan yang dilindungi oleh Peraturan Pemerintah No. 5 tahun 1990. Kita sebagai masyarakat yang pintar harus selalu melindungi keberadaan burung-burung ini. Jangan sampai di masa depan ekosistem lingkungan kita terancam dan merugikan kehidupan manusia kelak. Semoga artikel terbaru tentang migrasi burung in bisa bermanfaat.

Be the first to comment on "Artikel Terbaru Migrasi Burung"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*