Berita Terkini Event Job Fair yang Ditunggu-Tunggu

Berita terkini job fair adalah salah satu event yang ditunggu-tunggu khususnya bagi yang sedang mencari lowongan pekerjaan. Di beberapa daerah di Indonesia, event ini diselenggarakan rutin setiap tahunnya oleh Disnaker. Selain itu ada juga job fair yang diserenggarakan oleh beberapa instansi, misalnya: diselenggarakan oleh bank tertentu, perusahaan dsb.

Oleh karena job fair merupakan agenda kota yang paling ditunggu, dalam artikel ini kami akan memberikan informasi lengkap mengenai berita terkini job fair dan tips yang harus dipersiapkan jika akan menghadiri event ini.

Pengertian dan Tujuan Job Fair

Job fair atau disebut juga career expo atau bursa kerja adalah event khusus yang diselenggarakan untuk memfasilitasi para pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan karyawan. Ada banyak keuntungan dengan diselenggarakannya job fair, baik untuk penyelenggara, perusahaan dan pengunjung yang datang.

Setiap pengunjung bisa memasukkan lamaran pekerjaan sesuai dengan bidang dan jenis pekerjaan yang diminati. Oleh sebab itu, sebaiknya sebelum event sudah disiapkan syarat-syarat melamar pekerjaan.

Tujuan diselenggarakannya job fair adalah untuk mengurangi jumlah pengangguran dan untuk perusahaannya sendiri dapat menemukan calon pegawai sesuai dengan kriteria perusahaan. Sedangkan untuk pengunjung, mereka mendapatkan informasi lengkap dan peluang mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang dan keinginan.

Baca Juga : Berita Terpercaya dari Industri Minyak dan Gas

Tips Persiapan Job Fair

Pada dasarnya dengan mendatangi job fair, para pengunjung bisa mendapatkan informasi pekerjaan. Namun ada pula beberapa perusahaan yang langsung melakukan test dan wawancara di tempat job fair. Bahkan tidak sedikit yang langsung mengumumkan hasilnya.

Oleh sebab itu, jika Anda mendatangi event ini sebaiknya lakukan persiapan yang matang. Berikut ini adalah persiapan yang harus Anda lakukan:

  • Pakai Pakaian yang Sopan

Baik laki-laki dan perempuan sebaiknya langsung gunakan pakaian formal, yang sopan dan rapih. Karena siapa tahu, ada perusahaan yang Anda coba masuki lamarannya langsung membuka wawancara kerja.

  • Mencari Informasi Lengkap Seputar Job Fair

Mencari informasi seputar job fair membantu Anda untuk mendapatkan info perusahaan apa saja yang mengisi job fair, mulai dari reputasi perusahaan hingga company profilenya.

  • Menyiapkan Berkas Lamaran Pekerjaan

Sebelum acara job fair sebaiknya lengkapi berkas-berkas yang umumnya dijadikan syarat melamar pekerjaan. Bisanya job fair waktunya hanya 2 – 3 hari, jadi jika menyiapkan lamaran mendadak dikhawatirkan tidak keburu.

  • Mengisi Formulir

Tidak semua perusahaan yang mengikuti job fair meminta lampiran surat lamaran, ada perusahaan yang sudah menyiapkan formulir lamaran kerja.

Nah sebaiknya jangan terburu-buru memasukkan lamaran pekerjaan, sebaiknya lihat dan pelajari perusahaan yang satu dan yang lainnya. Catat perusahaan yang Anda minati dan catat apa saja persyaratannya. Jika sudah mantap segera masukkan surat lamaran pekerjaan atau mengisi form yang sudah disediakan.

Semoga berita terkini seputar job fair tersebut dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be the first to comment on "Berita Terkini Event Job Fair yang Ditunggu-Tunggu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*