Cara Membedakan Berita Terpercaya dan Berita Hoax

Maraknya situs-situs berita online memberikan banyak pilihan bagi kita untuk mengetahui berita terkini tentang apa yang terjadi di sekitar kita. Setiap situs online menawarkan sudut pandang yang berbeda sehingga kita bisa membedakan cara penyampaian berita dari berbagai situs berita online. Namun, menjamurnya situs-situs berita online juga menimbulkan dampak negatif karena banyak sekali orang tidak bisa menyaring dan memilah antara berita yang patut dipercaya dan berita palsu yang mengandung banyak kebohongan. Banyak orang yang terlalu mudah percaya dengan berita tertentu dan tidak menyadari bahwa itu berita bohong. Agar kita tidak terjebak dengan berita palsu, berikut ini adalah cara membedakan antara berita terpercaya dengan berita bohong/ hoax.

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah berita yang kita baca merupakan berita terpercaya adalah dengan melihat kredibilitas situs berita online yang menjadi sumber berita tersebut. Carilah media-media yang terpercaya dan kredibilitas keabsahan beritanya sudah diakui dan terbukti. Misalnya, dengan mencari berita di situs-situs berita yang sudah jelas siapa saja susunan redaksinya, alamat kantor beritanya, dan bukan situs berita anonim yang tidak jelas alamat dan identitas redaksinya. Situs berita yang menampilkan alamat kantor dan susunan redaksinya merupakan situs berita yang bertanggung jawab. Kejujuran suatu situs berita dimulai dengan menampilkan secara jujur identitas mereka. Situs berita yang tidak jujur dan penuh kebohongan umumnya akan menyembunyikan identitas mereka.

Baca juga: Ciri-ciri Artikel Terkini yang Membuat Penasaran Pembaca

Selanjutnya, untuk memastikan apakah berita yang kita baca dapat dipercaya atau tidak, adalah dengan memperhatikan konten beritanya. Dalam satu berita yang lengkap, akan mengandung unsur yang disebut 5W-1H (what, who, why, where, when, dan how), yaitu keterangan yang mencakup: apa (yang terjadi), siapa (korban atau pelakunya), mengapa (hal itu bisa terjadi), dimana (lokasi kejadiannya), kapan (waktu kejadiannya), dan bagaimana (detail kejadiannya). Jika dalam satu berita yang kita baca tidak mencakup informasi-informasi tersebut, maka berita tersebut patut kita curigai kebenarannya.

Selain itu, perhatikan juga nara sumber yang dijadikan acuan atau yang diwawancara oleh situs berita tersebut. Jika nara sumbernya tidak jelas, maka berita tersebut bisa jadi adalah hoax atau berita bohong. Suatu sumber berita memang seringkali menyembunyikan atau merahasiakan identitas sang sumber berita mereka dengan menggunakan inisial atau keterangan tertentu, namun tidak sedikit situs berita yang membuat berita bohong dengan cara bersembunyi di balik sumber palsu. Maka kita harus benar-benar jeli memperhatikan nara sumber berita yang kita baca.

Hal lain yang tidak kalah penting untuk memastikan apakah berita yang kita baca benar-benar dapat dipercaya adalah dengan melihat apakah berita tersebut disampaikan secara objektif atau tidak. Berita yang tidak objektif biasanya akan berat sebelah dan cenderung memihak salah satu kubu tertentu, cenderung menjelek-jelekkan salah satu pihak dan di sisi lain terlalu mengagung-agungkan pihak lainnya. Untuk itulah, agar kita tidak terjebak pada berita palsu atau berita hoax, sebagai pembaca kita harus jeli agar berita yang kita baca benar-benar berita terpercaya.

 

Be the first to comment on "Cara Membedakan Berita Terpercaya dan Berita Hoax"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*