Kiat Menulis Karya Fiksi dari Berita dan Artikel Terkini

Bagi seorang penulis, utamanya penulis fiksi, ide bisa datang dari mana saja, termasuk dari hal-hal kecil dan terkadang sepele. Ide seperti ilham yang datangnya kerap tidak terduga-duga dan bisa datang pada waktu-waktu tertentu. Ide bisa datang dari pengalaman pribadi, dari apa yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari, dari apa yang kita tonton, dan bahkan dari apa yang kita baca. Tidak jarang, ide besar justru datang dari hal-hal yang mungkin bagi sebagian orang terkesan sepele, seperti misalnya dari berita dan artikel terkini di berbagai media massa. Seringkali, berita dan artikel memiliki sisi unik yang jika diimajinasikan oleh seorang penulis akan menjadi karya yang luar biasa. Berikut ini adalah beberapa kiat menulis karya fiksi berangkat dari ide-ide kecil yang diperoleh dari berita atau artikel.

Baca Juga : Info Terkini tentang Penerbitan Buku Indie

Mengimajinasikan Sebab-Akibat

Dalam sebuah berita atau artikel yang kita baca sehari-hari, kita sebenarnya sering disuguhi oleh peristiwa yang tidak masuk akal atau peristiwa yang sulit diterima oleh akal sehat kita, misalnya anak yang membunuh orang tua kandungnya, seorang ayah yang memperkosa anak kandungnya, seseorang yang mati butuh diri karena minum racun, dan peristiwa lain yang sebenarnya besar namun hanya disampaikan dalam bahasa berita dan bahasa artikel yang sangat datar, tanpa konflik dan cenderung kering. Penulis dapat memanfaatkan peristiwa yang berjalin-kelindan dalam kehidupan sehari-hari tersebut dengan mengembarakan imajinasi menjadi lebih liar, misalnya, dengan mengimajinasikan apa yang akan terjadi setelah sebuah peristiwa menimpa seseorang atau bisa menggunakan kilas balik dengan mengimajikasikan apa yang terjadi sebelum peristiwa dalam berita tersebut berlangsung.

Sebagai contoh, ketika kita membaca artikel terbaru tentang kecelakaan pesawat, dalam artikel tersebut tentu hanya akan dijelaskan sebab-akibat terjadinya kecelakaan, jumlah korban, dan fakta-fakta lain yang sifatnya empiris. Sesekali, dalam artikel akan disebutkan tentang firasat orang-orang yang ditinggal pergi oleh salah seorang yang menjadi penumpang kecelakaan pesawat tersebut. Sebagai penulis, kita dapat mengolah atau mengimajinasikan firasat tersebut menjadi karya fiksi.

Mencari Sisi Paling Unik dan Autentik

Hal terpenting ketika mencari ide dari berita dan artikel yang kita baca sehari-hari adalah mencari sisi paling unik dan autentik dari apa yang kita baca. Kembarakan imajinasi kita tanpa terbatasi oleh apapun, berimajinasi seliar-liarnya, sebab yang memiliki peranan paling besar ketika menggali ide adalah aktifnya imajinasi kita menjelajahi hal-hal baru, sehingga ide yang dihasilkan imajinasi kita bukan ide yang kuno atau sudah umum, melainkan ide yang unik dan autentik.

Itulah kiat-kiat menulis karya fiksi berdasarkan ide yang diperoleh dari berita dan artikel terkini. Untuk menghasilkan karya yang besar, yang paling penting bagi penulis adalah bukan tentang bagaimana ide itu bisa hadir dan bagaimana cara memperoleh ide, melainkan bagaimana cara mengeksekusi ide tersebut menjadi tulisan yang benar-benar bermutu sehingga meninggalkan kesan yang baik di benak pembaca.

Be the first to comment on "Kiat Menulis Karya Fiksi dari Berita dan Artikel Terkini"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*