Lakukan 8 Panduan Gaya Hidup ini, agar Anda Tetap Awet Muda

Lakukan 8 Panduan Gaya Hidup ini, agar Anda Tetap Awet Muda

Semua orang terutama kaum wanita tentu mendambakan kulitnya terlihat awet muda. Banyak upaya yang dilakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut. Bahkan saat ini banyak wanita muda yang sudah mulai merawat kecantikan dan kesegaran kulitnya sejak dini. Sementara itu, sebenarnya terdapat beberapa cara yang dilakukan agar Anda bisa awet muda. Diantaranya dengan menerapkan gaya hidup berikut.

Lakukan 8 Panduan Gaya Hidup ini, agar Anda Tetap Awet Muda

Jangan Merokok

Merokok tidak hanya menjadi pemicu munculnya penyakit ganas seperti kanker dan tumor tetapi juga mampu mempercepat keriputnya kulit. Hal tersebut disebabkan oleh bahan kimia dalam asap tembakau yang dapat merusak kolagen dan elastin kulit. Keriput akibat merokok tidak hanya pada bagian wajah tetapi juga pada bagian tubuh lainnya. Perubahan pada kulit umumnya akan terlihat setelah seseorang merokok 10 tahun.

Konsumsi Makanan Antioksidan

Antioksidan termasuk molekul yang mampu melindungi rusaknya kulit akibat radikal bebas. Antioksidan juga dapat merangsang produksi kolagen yang merupakan bagian penting dari struktur dan proses peremajaan kulit. Bebrapa makanan kaya antioksidan seperti buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak nabati, ikan, dan lain-lain.

Perbanyak protein

Protein dapat membangun dan mempertahankan massa otot pada tubuh. Makanan dengan protein tinggi bermanfaat untuk menghasilkan kolagen pada kulit. Makanan seperti salmon, telur, tahu, dan lain-lain ialah contoh yang mengandung protein tinggi.

Kelola stres Anda

Studi tahun 2013 menunjukkan bahwa dibandingkan dengan orang yang tidak mengalami depresi, usia sel-sel kulit orang depresi lebih cepat. Penuaan dini akibat stres kronis disebabkan telomere DNA yang diperpendek. Panjang telomere merupakan penanda penuaan biologis dan sel-sel kulit Anda. Anda mengatasinya dengan melakukan beberapa aktivitas menyenangkan seperti berjalan-jalan, yoga, bernyanyi, atau hal lain yang membuat Anda senang.

Tidak lupa cuci muka sebelum tidur

Mencuci wajah sebelum tidur, mampu membantu regenerasi kulit Anda saat tidur. Jadi, pastikan aktivitas ini menjadi salah satu gaya hidup Anda. Terlebih setelah Anda memakai make up di wajah atau beraktivitas di luar ruangan.

Pakai tabir surya

Seperti yang telah diketahui bahwa paparan sinar matahari dapat memicu perubahan warna kulit. Hal tersebut dibuktikan dengan Studi tahun 2013 di Annals of Internal Medicine  yang menunjukkan bahwa orang-orang yang mengaplikasikan tabir surya 3 hingga 4 hari dalam seminggu cenderung tidak mengalami penuaan kulit dibandingkan yang tidak menggunakannya.

Perbanyak minum air putih

Selain dapat melembabkan kulit, pemenuhan kebutuhan air pada tubuh dapat menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Anda perlu memperbanyak air putih karena hidrasi kulit yang hilang dapat memicu keringnya kulit dan rentan terhadap kerutan.

Tidur cukup (tidak kurang, tidak berlebihan)

Gaya hidup untuk menjaga agar awet muda yang paling sederhana dan mudah untuk Anda terapkan ialah dengan tidur yang cukup. Minimal, pastikan Anda tidur 6 jam per hari agar regenerasi kulit mudah dilakukan oleh tubuh. Selain itu, lingkaran hitam dibawah mata juga dapat Anda cegah dengan pola tidur yang cukup.

Be the first to comment on "Lakukan 8 Panduan Gaya Hidup ini, agar Anda Tetap Awet Muda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*