Memilih Berita Terpercaya tentang Jokowi

Presiden Joko Widodo atau yang akrab dipanggil Jokowi merupakan sosok yang unik sehingga menarik perhatian berbagai media untuk dijadikan berita. Apapun gerak-gerik dan kesibukan Pak Jokowi dapat dijadikan bahan berita untuk dikonsumsi publik. Namun, tidak sedikit di antara media yang memiliki kepentingan-kepentingan tertentu dari pemberitaannya tentang Jokowi. Tidak jarang, pemberitaan beberapa media tertentu tentang Jokowi dibumbui dengan gosip dan mengarah pada kebohongan, dan bahkan tidak jarang banyak berita fitnah tentang Jokowi yang berseliweran di media. Untuk meminimalisir membaca berita bohong atau bahkan berita fitnah tersebut, berikut ini kiat-kiat memilih berita terpercaya tentang Jokowi.

Untuk mencari berita terpercaya tentang Jokowi, kita juga harus memilih media yang terpercaya pula. Pilihlah media yang benar-benar kredibel dan memiliki brand yang positif. Media-media berskala nasional yang sudah teruji pengalamannya di dunia berita dapat kita jadikan acuan. Sebab tidak sedikit media abal-abal yang bermunculan akhir-akhir ini yang kredibilitasnya patut diragukan. Selain mengabaikan kode-kode etik jusnalisme, beberapa media abal-abal tersebut bahkan anonim atau tidak jelas siapa penulisnya. Selama masa sebelum pemilihan Presiden pada 2014 lalu, memang banyak bermunculan situs-situs berita baru yang didirikan sebagai media kampenye pihak-pihak tertentu. Tidak sedikit dari media-media baru tersebut yang sengaja dibuat khusus untuk menjelek-jelekkan Jokowi. Sebaiknya, bacalah berita tentang Jokowi hanya di media-media besar skala nasional saja.

Selain melihat kredibilitas medianya, untuk memastikan apakah berita yang memuat tentang Jokowi dapat kita percaya adalah dengan cara memperhatikan nara sumbernya. Cari tahu siapa nara sumber berita tersebut dan kemudian telusuri apakah nara sumber tersebut merupakan orang yang pernah sakit hati pada Jokowi atau orang yang sangat kecewa dengan terpilihnya Jokowi sebagai Presiden. Kekecewaan dan sakit hati tentu akan membuat penilaian nara sumber tersebut mengenai Jokowi tidak akan objektif, tidak jernih, dan pendapatnya tentang Jokowi memiliki banyak tujuan dan kepentingan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu. Pastikan nara sumber berita yang kita baca benar-benar kredibel dan objektif.

Baca Juga: Cara Memilih Berita Terpercaya di Media Online

Kiat lainnya untuk membaca berita yang benar-benar dapat dipercaya adalah dengan cara membandingkan konten berita yang kita baca dengan berita dari sumber lain. Suatu berita tentang Jokowi dapat kita percaya jika isi bertita tersebut tidak hanya diberitakan oleh satu media saja, namun diberitakan oleh banyak media, terutama oleh media-media mainstream. Berita tentang Jokowi yang hanya disiarkan oleh satu media patut kita pertanyakan kebenarannya. Fakta tentang Jokowi dan kehidupannya tentu tidak akan dimonopoli oleh satu media saja.

Itulah kiat-kiat memilih berita terpercaya tentang Jokowi. Dengan membaca berita yang benar-benar fakta, kita dapat terhindar dari fitnah. Jangan sampai kita terjebak pada penilaian dan persepsi yang salah tentang Jokowi karena terprovokasi oleh berita-berita fitnah.

Be the first to comment on "Memilih Berita Terpercaya tentang Jokowi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*