Mobil Murah Ramah Lingkungan

Pada tahun 2017 Daihatsu berhasil menjual Mobil Daihatsu Ayla lebih dari 180 ribu unit di Indonesia. Tidak dipungkiri bahwa keberadaan mobil ini menjadi salah satu pilihan terbaik bagi pengemudi di Indonesia karena kelengkapan fitur yang ditawarkan tidak semahal harganya. Lalu apa saja sih yang membuat mobil Daihatsu Ayla ini begitu laku di Pasar mobil Indonesia? Yuk kita lihat apa saja yang membuat Daihatsu Ayla ini begitu istimewa.

  1. Salah Satu Mobil LCGC di Indonesia

Pasar mobil LCGC dihiasi oleh produsen-produsen asal Jepang seperti Datsun, Toyota termasuk Daihatsu sebagai produsen mobil Ayla. Desain Daihatsu Ayla dan Toyota Agya terlihat sangat mirip, karena keduanya didesain oleh Daihatsu khusus untuk pasar Indonesia. Mobil LCGC (Low Cost Green Car) sendiri adalah jenis mobil yang keberadaan dan produksinya diatur oleh Peraturan Pemerintah No 41 Tahun 2013. Sehingga ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjual mobil tersebut di Indonesia. Seperti Harus hemat energi dan bahan bakar. Dengan Kapasitas mesin maksimum sebesar 1200 cc untuk BBM bensin dan 1500 cc untuk BBM solar. Bahan bakar 1 Liter dapat dipakai untuk 20 KM.

  1. Tipe yang beragam

Daihatsu menawarkan berbagai tipe dari jenis Daihatsu Ayla, terdiri dari tipe D, M, X, dan Elegant. Perbedaan dari tipe yang ditawarkan Daihatsu Ayla ini dari kelengkapan fitur dan aksesoris yang diaplikasikan. Dari varian tersebut Tipe D merupakan tipe paling standar. Tipe M adalah varian menengah dan Tipe X merupakan menjadi tipe tertinggi. Tentu kelebihan dari setiap tipe akan berpengaruh pada harga yang ditawarkan oleh Daihatsu kepada para pengemudi sekalian. Spesifikasi dari Daihatsu Ayla ini pun tersedia dalam transmisi manual dan otomatis.

  1. Serba Luas dan mesin oke

Mobil ini didesain dalam ukuran mini yang cukup lega. Ukuran Daihatsu Ayla 3.600 x 1.600 x 1.520 (mm), mobil ini mampu membawa 5 orang dengan ukuran yang cukup lega. Selain itu untuk bagasi mobil ini dapat dikatakan mobil yang memiliki ukuran yang luas apabila dibandingkan dengan mobil LCGC lainnya seperti Toyota Agya. Mobil yang irit bahan bakar ini sudah di lengkapi dengan mesin berkubikasi 998cc dengan tenaga sebesar 65 hp dengan torsi maksimum sebesar 88 Nm. Daihatsu Ayla menjadi salah satu mobil LCGC terbaik yang ada di tanah air, seri mobil ini hanya membutuhkan 13.68 detik untuk berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dan hanya membutuhkan bahan bakar sebanyak 14.9 km/l jika untuk penggunaan di dalam kota dan 21.3 km/l untuk jalanan tanpa hambatan.

  1. Loh kok bisa murah?

Seperti yang disebutkan tadi mobil Ayla merupakan salah satu mobil LCGC, sehingga kehadirannya di atur oleh pemerintah. Mobil Ayla diproduksi di Indonesia sehingga tidak termasuk barang mewah karena tidak langsung di import dari perusahaan Daihatsu. Sehingga, komponen pajak barang mewah menghilang untuk menekan harga jualnya. Kemudian, karena produksi dilakukan langsung di Indonesia sehingga banyak menyerap tenaga kerja dan komponen yang di Indonesia. Jadi harganya bisa ditekan lagi.

  1. Budget yang diperlukan

Untuk ‘membungkus’ sebuah mobil Ayla ke bagasi rumah cukup mengeluarkan uang tidak lebih dari Rp 100 juta apabila memilih tipe Daihatsu Ayla yang paling standar. Walau dengan tipe tertinggi pun tidak perlu merogoh simpanan terlalu banyak karena harganya bahkan tidak lebih dari Rp 125 juta.

Dengan harga Daihatsu Ayla yang sangat murah dan hemat energi itu, apakah masih ragu untuk membawanya Mobil Murah Ramah Lingkungan ke bagasi anda?

Sumber gambar: OtoFreak.com

Be the first to comment on "Mobil Murah Ramah Lingkungan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*