Tips Membatasi Gaya Hidup Agar Selalu Positif

Tips Membatasi Gaya Hidup Agar Selalu Positif

Kebiasaan atau gaya hidup sangat mempengaruhi pola pikir bahkan kesehatan seseorang. Orang yang sudah dibiasakan hidup mewah dari kecil akan terus berperilaku demikian hingga dewasa. Begitu pula sebaliknya untuk anak yang sudah diajarkan berhemat dan berbagai sedari dini akan membawa kebiasaan tersebut hingga menjadi orang tua. Banyak kebiasaan yang justru memberi pengaruh negatif pada pelakunya meski mereka melakukannya dengan senang hati seperti merokok, minum minuman keras hingga begadang. Alasan faktor lingkungan memang kerap menjadi penyebab siapa saja memiliki kebiasaan negatif tersebut.

 Tips Membatasi Gaya Hidup Agar Selalu Positif

Agar kebiasaan yang dimiliki adalah kebiasaan yang positif sehingga memberi dampak baik untuk diri sendiri dan lingkungan, Anda bisa membatasi kebiasaan sedari dini baik untuk diri sendiri maupun untuk anggota keluarga. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk hanya melakukan kebiasaan baik saja dan meninggalkan kebiasaan yang kurang baik.

  • Sesuaikan dengan syariat agama.

Landasan agama yang kuat akan menjadi benteng untuk menyortir kebiasaan apa yang diambil dan ditolak. Untuk itu berikan landasan agama yang kuat untuk Anda dan keluarga sedari dini. Agama akan melarang kebiasaan buruk misalnya mabuk, berjudi dan boros.

  • Sesuaikan dengan anjuran kesehatan.

Sebaiknya kebiasaan yang dimiliki harus disesuaikan dengan anjuran kesehatan agar kebiasaan tersebut tidak memberikan dampak negatif kepada tubuh. Misalnya Anda memiliki kebiasaan merokok padahal hal tersebut tidak baik untuk tubuh, dengan alasan kesehatan ada baiknya mengurangi frekuensi merokok hingga Anda bisa menghilangkannya secara total. Begitu juga dengan tidur terlalu malam dan minum minuman keras.

  • Sesuaikan dengan pendapatan.

Gaya hidup yang dilakukan seringkali adalah sebuah hobi. Melakukan hobi pastinya sangat menyenangkan, namun tentu saja harus dibatasi sesuai dengan kemampuan apalagi jika Anda memiliki kebiasaan yang memerlukan banyak dana. Salah satu contohnya adalah kebiasaan berbelanja barang mewah sebagai koleksi. Jika memang dana yang dimiliki tak mencukupi tak ada salahnya untuk mengurangi frekuensinya atau menggunakan dana untuk kebutuhan lain yang lebih penting serta membantu orang lain yang membutuhkan.

  • Sesuaikan dengan norma masyarakat.

Seringkali apa yang menurut kita menyenangkan ternyata mengganggu orang lain. Misalnya Anda memiliki kebiasaan mendengarkan musik setiap pagi dengan suara yang keras. Jika berada di lingkungan sepi penduduk dengan rumah antar tetangga masih jauh hal tersebut tak menjadi persoalan, namun jika Anda bertempat tinggal di pemukiman padat, sebaiknya mengganti kebiasaan dengan mengurangi volume suara.

Batasan-batasan tersebut di atas dapat membuat Anda memiliki kebiasaan dan gaya hidup yang positif dan tidak memberikan efek negatif bukan hanya pada Anda namun juga lingkungan. Kurangi perlahan kebiasaan buruk dan ganti dengan kebiasaan yang lebih baik untuk memiliki pikiran dan tubuh yang sehat dan tenang.

Be the first to comment on "Tips Membatasi Gaya Hidup Agar Selalu Positif"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*