Tips Menyaring Berita Terpercaya di Media Sosial

Selain media elektronik dan media cetak, saat ini media sosial juga menjadi perantara berita yang cepat dan seringkali menjadi rujukan masyarakat. Akan tetapi, berita-berita yang beredar di media sosial tak sedikit yang berupa berita bohong atau hoax. Oleh karena itu, masyarakat harus bisa menyaring berita di media sosial agar pemikiran kita tidak diracuni oelh berita-berita hoax. Berikut ini adalah tips untuk menyaring berita terpercaya yang ada di media sosial:

Media Terpercaya

Sebisa mungkin baca berita-berita dari media nasional yang sudah terpercaya kredibilitasnya, jangan mempercayai kabar dari media abal-abal. Hal ini dikarenakan media abal-abal seringkali hanya mencari iklan lewat klik yang dilakukan oleh pembaca.

Perhatikan Judul Berita

Berita-berita hoax dan hanya mencari sensasi biasanya menggunakan judul yang bombastis dan membuat penasaran pembaca. Berita-berita seperti ini juga biasanya berasal dari media abal-abal yang hanya mencari iklan lewat kunjungan pembaca.

Cermati Isi Berita

Situs abal-abal biasanya berisi berita abal-abal pula. Oleh karena itu, apabila membaca satu berita abal-abal dari situs tersebut, maka perlu dicermati dan berhati-hati terhadap setiap berita yang diunggah oleh situs tersebut.

Baca Juga : Kiat Menulis Karya Fiksi dari Berita dan Artikel Terkini

Kroscek

Saat ini penyebaran berita di media sosial sangatlah cepat, tinggal satu klik share atau retweet, maka ratusan bahkan ribuan orang langsung bisa membaca berita tersebut. Apabila melihat keanehan dalam berita tersebut, ada baiknya untuk tidak langsung dipercaya, sebisa mungkin harus kroscek dan mencari sumber berita lain agar dapat diketahui kebenaran berita tersebut.

5W + 1H

Berita yang baik tentunya memiliki 5W + 1H, yaitu What, When, Why, Where, Who, dan How. Cermati dengan baik berita yang dibaca, apakah sudah menunjukkan kaidah jurnalistik yang benar ataukah belum.

Cover Both Side

Cara lain untuk mencermati berita terpercaya adalah dengan melihat narasumber dalam berita tersebut, apakah sudah mencakup cover both side ataukah belum. Maksud cover both side di sini adalah apakah narasumber yang diwawancarai sudah dari kedua sisi permasalahan yang diangkat dalam berita ataukah belum, jika hanya mewawancarai narasumber dari satu sisi saja maka perlu dipertanyakan kredibilitas situs berita tersebut.

Jangan Percaya Judul, Baca Isinya Dulu

Berita dengan judul bombastis biasanya langsung banyak orang yang share, tanpa peduli atau membaca terlebih dahulu isi berita. Hal ini tentunya dapat menimbulkan kesalahpahaman orang yang membaca judul. Oleh karena itu saat melihat ada berita yang dishare di sosial media, maka harus dibisakan untuk membaca isi dari berita tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman hanya karena membaca judulnya saja.

Itulah beberapa cara untuk menyaring berita-berita di sosial media sehingga bisa mendapatkan berita terpercaya yang dapat dipertanggungjawabkan

Be the first to comment on "Tips Menyaring Berita Terpercaya di Media Sosial"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*