Tips Sukses Wawancara Kerja

Tes wawancara kerja merupakan momok yang paling menakutkan bagi mayoritas para pencari pekerjaan. Tes wawancara biasanya diletakkan di urutan terakhir dari rangkaian tes sebelumnya, seperti tes tulis, tes fisik, tes kemampuan, dll, sehingga tes wawancara keberadaannya sangat menentukan lulus atau tidaknya seorang calon pekerja untuk diterima di sebuah perusahaan. Maka tidak heran jika tes wawancara kerja menciutkan nyali sebagian besar para pelamar kerja. Berikut ini akan dibasah mengenai tips sukses wawancara kerja.

Hal utama yang harus dipersiapkan ketika akan melakukan wawancara kerja adalah menyiapkan mental. Wawancara kerja umumnya dilaksanakan di ruangan tertentu di mana di dalam ruangan tersebut hanya ada kita dan para pewawancara, sehingga kita sendiri yang akan diuji atau diwawancara oleh satu orang pewawancara atau lebih. Jika kita tidak mempersiapkan mental kita, maka nyali kita akan ciut jika harus berhadapan dengan lebih dari satu orang, apalagi posisi kita adalah sebagai orang yang sedang ditanya dan tidak boleh menanya balik. Siapkanlah mental dengan cara meyakinkan diri bahwa kita memiliki kemampuan yang mumpuni dan pekerjaan yang kita lamar adalah pekerjaan yang cocok dengan kemampuan kita. Sikap percaya diri tersebut akan menumbuhkan mental yang kuat dalam diri kita.

Selain mental, kita juga harus memperhatikan penampilan kita ketika akan diwawancara. Orang-orang yang akan mewawancarai kita umumnya adalah orang yang tidak kenal dengan kita, sehingga kesan pertama begitu penting untuk memberikan kesan yang baik tentang diri kita di hadapan orang lain. Hal-hal yang harus diperhatikan dari penampilan kita adalah pakaian, kerapian, kesopanan, bahasa tubuh, hingga gaya bicara kita. Hal-hal tersebutlah yang akan memberikan kesan pertama bagaimana kepribadian kita.

Baca Juga : Tips Sukses Menjadi Blogger

Hal lainnya yang harus diperhatikan ketika akan melakukan wawancara kerja adalah mempersiapkan kelengkapan berkas. Pastikan berkas-berkas yang menjadi persyaratan ketika melamar kerja kita bawa semua tanpa ada satu pun yang tertinggal. Sebab berkas-berkas akan menjadi salah satu faktor yang menjadi bahan pertimbangan dari pewawancara. Berkas-berkas yang harus kita persiapkan di antaranya adalah: identitas diri, ijazah, surat keterangan prestasi, dll.

Tips sukses lainnya yang harus diperhatikan ketika mengikuti tes wawancara kerja adalah menyiapkan jawaban. Pertanyaan yang diajukan para pewawancara ketika kita melamar pekerjaan  umumnya tidak jauh berbeda bahkan cenderung sama. Di antara pertanyaan yang sering diajukan adalah: Apa kelebihan dan kekurangan Anda? Apa yang bisa Anda berikan bagi perusahaan ini? Apa keunggulan Anda dibandingkan dengan para pelamar lainnya?. Siapkanlah jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut agar ketika memasuki ruangan wawancara, kita bisa menjawab dengan lancar.

Itulah beberapa tips sukses wawancara kerja. Faktor terpenting dalam mengikuti tes wawancara kerja adalah kejujuran. Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para pewawancara kerja dengan sejujur-sujurnya, sebab umumnya para pewawancara kerja sudah membaca berkas data diri kita, sehingga jika kita berusaha berbohong mereka akan tahu. Kejujuran merupakan hal yang harus dijunjung tinggi ketika kita mengikuti wawancara kerja.

Be the first to comment on "Tips Sukses Wawancara Kerja"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*