4 Manfaat Mendampingi Si Kecil Memainkan Mainan Anak

Semua orangtua tentu memiliki naluri yang terbentuk secara alami untuk membelikan buah hatinya mainan anak yang tepat. Biasanya disesuaikan dengan usia namun jika si anak sudah pintar memilih mainannya, maka bisa disesuaikan dengan pilihan anak itu sendiri. Semakin si anak segera memilih mainannya sendiri maka semakin sedikit campur tangan orangtua dalam menentukan pilihan. Namun tentunya kalau mainan tersebut berbahaya dan efek buruknya ada maka bisa mengalihkan anak ke mainan jenis lain yang jauh lebih aman dan bermanfaat

Manfaat Mendampingi Si Kecil Saat Bermain

Selain menyediakan mainan anak yang tepat, usahakan orangtua juga aktif memberikan dampingan karena dijamin sangat dibutuhkan si kecil. Sebab dampingan orangtua selama anak bermain memberikan banyak manfaat, beberapa diantaranya adalah:

  • Lebih dekat dengan anak,

Orangtua yang rutin menemani anak bermain dijamin akan memiliki kedekatan tidak hanya fisik namun juga emosional dengan anak. Anak-anak yang merasa terlindungi dengan perhatian orangtua umumnya lebih percaya diri sehingga mudah berbaur dengan lingkungan sosialnya. Sekaligus membuatnya lebih cakap dalam memahami apa yang didengar, dilihat, dan lain sebagainya.

  • Membantu si kecil memahami cara bermain dengan mainannya,

Tidak semua mainan untuk anak-anak mudah untuk dipahami si anak ketika tertarik untuk mencoba memainkannya. Disinilah peran dan dampingan orangtua sangat diperlukan terutama jika mengenalkan mainan edukatif. Umumnya mainan edukatif cenderung membuat si anak berpikir dan seringnya memerlukan bantuan orangtua supaya cara memainkannya sudah tepat. Kalau keliru tentu manfaat mainan tersebut kurang maksimal, maka jangan ragu memberikan dampingan meski hanya di akhir pekan saat libur bekerja.

Baca Juga: Info Terkini Panduan Akses Internet Aman bagi Anak

  • Orangtua lebih paham perkembangan si kecil,

Orangtua yang mau mendampingi buah hatinya bermain, dengan mainan maupun menonton video di TV dan komputer. Dijamin bisa lebih memahami karakter si anak sekaligus melihat perkembangannya sehingga ke depannya tidak gagap dalam memilihkan mainan. Sebab dijamin bisa disesuaikan dengan kebutuhan si anak itu sendiri, sehingga anak-anak menyukai mainan barunya sekaligus memetik manfaat dari mainan tersebut. Orangtua yang memberikan dampingan akan lebih mudah dekat ke anak, sehingga keduanya merasa nyaman satu sama lain khususnya si anak.

  • Menjaga anak supaya tidak membahayakan diri saat bermain,

Mainan untuk anak-anak jenisnya sangat beragam, selain bentuk fisik dan cara memainkan yang berbeda juga terbuat dari bahan dan ukuran yang berbeda. Baiknya membelikan mainan yang tidak lebih besar dari ukuran dan lebih berat dari bobot si anak sebab resiko berbahaya sangat tinggi. Kalau tidak didampingi saat memainkannya maka bisa jadi malah keselamatan si kecil terancam, maka dampingan sama artinya memberi perlindungan. Supaya lebih menyenangkan pilihkan mainan anak yang menarik dan sesuai dengan minat buah hati.

Be the first to comment on "4 Manfaat Mendampingi Si Kecil Memainkan Mainan Anak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*