Ini Dia Beragam Jenis Mainan Tradisional yang Pernah Populer

Hobi anak-anak adalah bermain dengan teman-temannya untuk menghabiskan waktu luang. Sekarang ini mungkin banyak anak yang sudah jarang untuk bermain di luar rumah karena mempunyai mainan modern seperti gadget, PS, dan juga permainan yang menggunakan teknologi lainnya. Akan tetapi hal tersebut berbeda dengan anak jaman dahulu yang masih berkumpul dengan teman-teman sepulang sekolah dan melakukan berbagai permainan yang berbeda setiap harinya. Anak-anak biasanya akan memainkan jenis mainan tradisional yang mempunyai banyak sekali pilihan yang bisa dipilih agar menghindari kebosanan.

Permainan jaman dahulu mempunyai banyak keuntungan atau manfaat yang ditawarkan. Dimana jenis permainan tradisional tersebut mempunyai banyak sekali pilihannya. Selain itu ketika akan memainkan permainan tersebut biasanya harus dimainkan secara beregu atau berkelompok. Sehingga mendorong anak-anak untuk lebih aktif dan berteman dengan anak di lingkungannya. Berbeda dengan permainan jaman sekarang yang bisa dilakukan individu dan tidak membutuhkan partner. Selain itu juga membutuhkan media seperti lapangan yang luas atau bermain di luar rumah bersama teman-teman yang dapat juga sebagai kegiatan olahraga agar anak dapat bergerak. Oleh karena itulah permainan tradisional tersebut menawarkan banyak keuntungan yang bisa dirasakan oleh anak-anak pada jaman dahulu. Pada jamannya, ada beberapa jenis permainan tradisional yang paling terkenal yang sering dimainkan anak-anak seperti jenis berikut ini.

  • Petak umpet

Apabila membahas mengenai jenis permainan tradisional yang paling terkenal salah satunya adalah petak umpet. Mainan tradisional ini mempunyai cara permainan dengan satu orang jaga dan yang lain akan mencari tempat sembunyi. Tugas penjaga adalah untuk mencari teman-temannya yang bersembunyi hingga dapat sebelum akhirnya mereka yang giliran jaga. Petak umpet ini bukan hanya ada di Indonesia tetapi juga merupakan permainan yang dikenal di banyak negara lainnya.

Baca Juga:Mainan Tradisional yang Akan Membuat Anda Ingin Bernostalgia

  • Kelereng

Jenis permainan yang paling populer selanjutnya adalah permainan kelereng. Jenis permainan ini menggunakan media kelereng atau gundu dan dimainkan beberapa orang. Biasanya jenis permainan ini akan menempatkan kelereng pada suatu tempat yang telah diberikan batas dan dikumpulkan menjadi satu. Kemudian pemain akan mulai membidik kelereng dan pemenangnya adalah yang bisa mendapatkan kelereng paling banyak. Jenis permainan ini sendiri terkenal dimainkan oleh laki-laki setelah pulang sekolah.

  • Lompat tali

Dan jenis mainan tradisional yang paling populer selanjutnya adalah lompat tali. Jenis permainan ini bisa dimainkan oleh perempuan atau lelaki sehingga semuanya bisa ikutan untuk bermain. Cara permainannya sendiri cukup mudah yaitu dengan dua orang memegang tali dan memutarkannya. Atau juga bisa untuk membuat tinggi tertentu untuk dapat dilewati oleh pemainnya. Jenis permainan ini juga bisa dimanfaatkan untuk dapat berolahraga sehingga anak akan lebih sehat dengan bermain lompat tali.

Be the first to comment on "Ini Dia Beragam Jenis Mainan Tradisional yang Pernah Populer"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*