Ini Dia Mainan Tradisional yang Bisa Bikin Anda Kepingin Balik Lagi ke Masa Lalu

Memasuki masa millennial, banyak permainan yang kini menggunakan teknologi seperti menggunakan console. Tapi, banyaknya permainan modern sering kali membuat banyak orang yang ingin kembali ke masa lalu untuk bisa memainkan mainan tradisional yang tidak hanya bisa mengasah kreatifitas anak namun juga motorik anak. Berikut ini merupakan jenis mainan yang tradisional yang bisa membuat Anda ingin lagi kembali ke masa lalu.

Pertama adalah egrang. Permainan ini butuh 2 batang bambu yang cukup tinggi yang dilengkapi dengan tumpuan kaki. Butuh keseimbangan yang bagus agar bisa memainkan permainan tradisional ini. Cara memainkannya adalah dengan naik ke tumpuan egrang tersebut kemudian Anda harus berjalan dengan cara mengendalikan egrang tersebut menggunakan tangan yang berpegangan pada egrang.

Kedua adalah dakonan. Mainan tradisional ini bisa membantu untuk melatih pemahaman anak terkait dengan kejujuran dan kesabaran. Butuh 2 orang untuk bisa memainkan permainan yang disebut dengan congklak ini. Masing-masing lubang, kecuali 2 lubang yang ada di pojok, diisi dengan menggunakan biji. Untuk memainkannya ada peraturan tersendiri untuk itu namun untuk memulainya, pemain harus mengisi masing-masing lubang, kecuali lumbung lawan, hingga biji terakhir.

Baca Juga:Inilah Daftar Mainan Tradisional yang Layak Diperkenalkan Pada Anak Anda

Ketiga adalah nekeran. Berasal dari kata neker yang dalam bahasa Jawa berarti kelereng. Permainan tradisional yang menggunakan kelereng ini tidak hanya bisa dimainkan oleh anak laki-laki namun juga oleh anak perempuan. Butuh ketelitian dan kecermatan agar kelereng Anda bisa mengenai kelerang lawan. Ada banyak cara memainkan kelereng dan salah satunya adalah dengan meletakkan kelereng di kotak atau garis.

Jenis mainan tradisional lainnya yang akan membuat Anda kangen untuk memainkannya lagi, yaitu:

  • Pletokan bambu. Permainan ini membutuhkan senjata yang terbuat dari bambu dengan kertas yang digulung kecil-kecil hingga menyerupai bola kecil sebagai pelurunya. Ada beberapa cara memainkannya dan salah satunya adalah dengan membagi menjadi 2 kelompok dan saling menyerang satu sama lain.
  • Ketapel. Permainan ini sudah susah untuk ditemukan dan biasanya ketapel dipergunakan untuk menembak atau berburu burung. Ketapel dibuat dari cabang pohon yang berbentuk Y dan kemudian diberi karet atau pentil yang dilengkapi dengan wadah untuk meletakkan batu kerikil atau peluru misalnya dari biji jambu air.
  • Lompat tali. Permainan ini butuh tali yang terbuat dari karet yang disambung menjadi 1 dengan ukuran yang cukup panjang. Nantinya, 2 orang yang memegangi tali yang akan menaikkan tingkat ketinggian dari tali tersebut dan orang yang tidak berjaga, harus melompati tali tersebut, jika gagal maka akan gantian menjaga tali.
  • Egrang batok. Permainan ini butuh batok kelapa yang dibagi menjadi 2 untuk kanan dan kiri dan kemudian diberi tali. Anda harus berdiri di atas batok dan tali harus dipegang agar bisa bergerak.

Be the first to comment on "Ini Dia Mainan Tradisional yang Bisa Bikin Anda Kepingin Balik Lagi ke Masa Lalu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*