Ini Dia Manfaat dari Menggunakan dan Memainkan Mainan Tradisional

Di jaman teknologi sekarang ini semua hal serba canggih dan selalu berkembang ke arah yang lebih maju. Walaupun mempunyai keuntungan dari satu sisi, tetapi ada juga kekurangan dari hal tersebut yaitu meninggalkan beberapa warisan tradisi yang terkikis dengan teknologi tersebut. Salah satunya adalah penggunaan mainan tradisional yang mulai tersingkir dengan penggunaan mainan yang canggih dengan pengguna teknologi. Padahal jenis permainan tradisional juga sama menyenangkannya dengan pemain jaman sekarang yang canggih.

Misalnya saja untuk jenis permainan tradisional yang dahulu sangat mudah ditemui tetapi sekarang sudah jarang digunakan adalah:

  • Gundu merupakan permainan tradisional yang dahulu banyak digunakan untuk bermain bersama teman-teman yang lain. Gundu atau kelereng ini merupakan salah satu alat mainan yang menjadi favorit dimana caranya adalah dengan melempar gundu ke tengah garis yang dibuat dan berusaha untuk mendapatkan gundu sebanyak-banyaknya. Pemain yang mendapatkan gundu tersebut nantinya akan mendapatkan semua gundu yang mempunyai tampilan yang menarik yaitu kaca dengan ada hiasan ada di dalamnya.
  • Lompat tali juga merupakan mainan jaman dulu yang sudah tidak dikenal lagi sekarang ini. Permainan ini cukup menggunakan tali dan dua orang memegangi di pinggir selagi sebagian pemain lainnya melewati tali tersebut dengan menjawab pertanyaan sesuai dengan tema.
  • Congklak adalah permainan yang menggunakan alat khusus kemudian bisa untuk dilakukan beregu.

Baca Juga:Mobil Lego Ini Dibuat Mirip Aslinya

Selain permainan di atas, masih banyak sekali jenis mainan tradisional yang sekarang ini sudah mulai ditinggalkan dan digantikan dengan jenis mainan yang baru yang lebih modern. Misalnya saja ada permainan yang menggunakan mesin seperti ada di pusat perbelanjaan dan yang paling banyak adalah permainan game yang bisa dimainkan di gadget baik itu PC atau mobile game menggunakan smartphone.

Walaupun juga mempunyai beberapa keuntungan yang akan didapatkan apabila bermain permainan jaman sekarang tersebut, tetapi ada beberapa juga keuntungan yang ditawarkan apabila memilih jenis permainan tradisional. Dimana keuntungan pertama adalah membuat seseorang lebih aktif karena akan bergerak dan membuatnya lebih sehat. Banyak permainan tradisional yang memang mengharuskan berlari, melompat, dan lainnya sehingga akan lebih sehat.

Selain lebih sehat, keunggulan dan manfaat lainnya dari memilih mainan tradisional tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Mempunyai harga yang sangat murah dan tidak membutuhkan paket data untuk bisa menggunakan.
  • Dapat untuk tidak menghilangkan permainan tradisional atau dengan kata lain dapat untuk menjaga kelestarian permainan tradisional.
  • Bisa untuk dilakukan dengan teman-teman sehingga akan membuat anak-anak menjadi lebih mudah untuk bersosialisasi.
  • Akan tidak membuat anak-anak harus berada di depan monitor setiap waktu sehingga matanya juga lebih sehat.
  • Dan biasanya akan lebih tahu waktu dan membatasi diri untuk bermain.

Be the first to comment on "Ini Dia Manfaat dari Menggunakan dan Memainkan Mainan Tradisional"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*