Inilah Daftar Mainan Tradisional yang Layak Diperkenalkan Pada Anak Anda

Permainan merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilakukan oleh anak-anak untuk meningkatkan tumbuh kembangnya. Banyak jenis mainan yang dapat digunakan sebagai pendorong perkembangan si kecil, salah satunya adalah dengan mainan tradisional yang beragam. Jika dilihat pada masyarakat sekarang ini sudah mudah banyak orang tua yang tidak memperkenalkan berbagai jenis mainan lama yang sebenarnya masih sangat layak untuk diketahui oleh anak sekarang. Mungkin karena memang faktor perubahan teknologi dan kebiasaan yang menjadikan anak sekarang ini lebih fokus dan tertarik pada jenis mainan modern.

Entah didasari oleh para orang tua atau tidak bahwa sebenarnya permainan modern anak seperti game online akan menuntut anak lebih banyak berhadapan dengan berbagai jenis radiasi display. Padahal bola itu dilakukan secara terus menerus akan menimbulkan dampak yang kurang baik. Nah, berikut ini ada beberapa jenis permainan tradisional yang mungkin dapat dijadikan sebagai referensi Anda memperkenalkan kepada anak, antara lain:

Bola bekel.
Para orang tua pasti tidak asing dengan jenis permainan satu ini, bola bekel sendiri merupakan salah satu mainan yang sangat populer pada jamannya. Bermain dengan menggunakan berbagai macam ukuran atau corak bola bekel yang kemudian ditambah dengan beberapa butir bekel dengan berbagai model. Permainan ini dapat melatih kecerdasan, konsentrasi, keseimbangan irama anak dalam melakukannya.

Kelereng atau gundu.
Anak-anak laki pada jaman dahulu pasti selalu memainkan jenis mainan ini sepulang sekolah. Dalam permainan ini setiap orang membutuhkan mainan tradisional yang sering disebut kelereng atau gundu. Ketepatan pada tujuan atau sasaran menjadi kunci utama dalam keberhasilan permainan satu ini.

Lompat tali.
Kemudian ada jenis permainan yang cara memainkannya seperti melatih kekuatan anak saat berolahraga. Ini merupakan jenis permainan yang kerap dimainkan oleh kaum perempuan walaupun pada dasarnya tidak ada larangan juga untuk para pria. Untuk memainkannya membutuhkan 3 orang minimal, 2 orang menjadi pemegang ujung tali dan satu orang bertahan melakukan beberapa tantangan.

Dakon atau congklak.
Permainan tradisional lainnya adalah congklak atau dakon, ini sering dimainkan oleh perempuan tetapi tidak menutup kemungkinan juga para lelaki bergabung. Permainan ini cukup simple karena tidak memerlukan tempat luas dan hanya membutuhkan alat congklak serta butiran dengan jumlah yang telah ditentukan.

Pada dasarnya setiap mainan yang diberikan kepada anak itu haruslah memberikan pelajaran atau edukasi yang tepat. Selain itu juga dapat mendorong tumbuh kembang anak yang baik, entah memilih jenis mainan tradisional ataupun modern sebagai orang tua tetap harus mengarahkan. Karena kebiasaan bermain yang tidak memberikan manfaat kepada anak akan menimbulkan dampak buruk, baik untuk perkembangan tubuhnya, kecerdasan otak ataupun secara fisik.

Be the first to comment on "Inilah Daftar Mainan Tradisional yang Layak Diperkenalkan Pada Anak Anda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*