Mengenal Kembali Mainan Tradisional Indonesia

Mengenal Kembali Mainan Tradisional Indonesia

Permainan tradisional kini agaknya telah mulai terlupakan, dan hampir tidak dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama mereka para anak-anak. Hal ini lebih disebabkan karena meningkatnya penggunaan gadget dalam masyarakat Indonesia, yang kini bahkan telah merambah ke anak-anak. Pemberian gadget yang berlebihan pada anak ini, sebetulnya akan memberikan dampak yang tidak baik bagi anak-anak kita, oleh karenanya sangat disarankan bagi Anda untuk mengurangi pemberian dan penggunaan gadget pada putra putri mereka. Untuk mengurangi penggunaan gadget ini, Anda dapat mengenalkan kembali berbagai mainan tradisional dibawah ini, kepada putra putri Anda. Selain dapat mengurangi penggunaan gadget, mainan ini juga dijamin akan dapat melatih gerak motorik serta kecerdasan dalam diri putra putri Anda.

Mengenal Kembali Mainan Tradisional Indonesia

Mainan ini merupakan mainan yang dikenal oleh anak-anak Jawa jaman dahulu, dimana mainan ini memiliki bahan pembuatan utama dari bilah bambu. Untuk dapat memainkan media permainan ini, nantinya anak haruslah menggulungkan terlebih dahulu tali pada bagian pelilit tali yang terdapat pada gangsing bambu. Jika tali telah terlilit dengan sempurna, maka tali tersebut haruslah ditarik agar gangsing tersebut dapat berputar. Permainan gangsing ini secara umum dilakukan dibawah dengan media tanah, sehingga nantinya gangsing dapat membentuk pola pelubangan pada tanah tersebut. Mengenalkan media permainan ini kepada anak, akan memberikan dampak positif pada gerak motorik dalam tubuh mereka.

  • Dakon

Mainan tradisional yang satu ini biasaya akan lebih banyak digunakan oleh anak perempuan, dimana bentuk dari mainan yang satu ini berupa kotak dengan lubang yang berjumlah 16 buah. Permainan ini biasanya akan dimainkan oleh 2 anak secara berhadap-hadapan, dengan menggunakan biji dakon, untuk kemudian diisikan pada lubang dakon tersebut. Jika dahulu dakon lebih banyak kita temukan terbuat dari bahan pembuatan kayu, kini dakon pun dapat Anda temukan dalam bentuk plastik. Permainan dakon ini akan secara optimal, melatih kecerdasan otak anak-anak dalam hal berhitung.

Baca Juga:Inilah Daftar Mainan Tradisional yang Layak Diperkenalkan Pada Anak Anda

  • Coklak

Dalam bahasa jawa permainan yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan engklek, permainan yang dilakukan oleh sekelompok anak ini, biasanya akan dilakukan dengan cara melompat pada pola kotak-kotak tertentu dengan menggunakan satu kaki. Permainan yang satu ini dapat melatih ketangkasan, gerak motorik serta kecerdasan hitung pada putra putri Anda.

Selain mainan tradisional tersebut diatas, masih terdapat beberapa model permainan lainnya yang dapat Anda kenalkan kepada putra putri Anda. Kini berbagai klub khusus pun dapat Anda temukan untuk mengenalkan berbagai permainan tradisional kepada putra putri Anda. Melihat minimnya lahan untuk melakukan permainan tradisional ini, memang sangat efektif bagi Anda sebagai para orang tua untuk mengikutkan putra putri Anda dalam klub klub permainan tradisional tersebut.

Be the first to comment on "Mengenal Kembali Mainan Tradisional Indonesia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*