Peran Penting Mainan Anak dalam Menunjang Kecerdasan

Mempunyai buah hati yang cerdas merupakan suatu kebanggaan sendiri sebagai orang tua, karena hal tersebut merupakan salah satu bukti keberhasilan dalam mendidik dan membimbingnya. Cerdas sendiri muncul karena beberapa faktor pendukung salah satunya adalah mainan anak edukasi yang diberikan oleh orang tua. Jadi mainan yang tepat itu bukan saja yang dapat membuat buah hati Anda tenang saat rewel tetapi juga bisa memberikan edukasi atau pembelajaran dalam pertumbuhan. Hal itu dibuktikan juga dari salah satu riset yang mengatakan bahwa anak yang mempunyai kebebasan dalam bermain mempunyai kesempatan tumbuh cerdas dan mudah bergaul.

Sekarang ini banyak sekali jenis mainan yang dijual bebas dipasaran, mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal sekalipun. Bagi Anda yang belum jelas mengenai manfaat pentingnya keberadaan mainan untuk anak berikut ini akan dijelaskan daftar keuntungan yang akan didapatkan yaitu:

  • Mengenal warna dan bentuk.

Dari seorang bayi, anak harus terus didukung dengan berbagai fasilitas yang dapat membuatnya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Seperti pemberian mainan edukasi yang dapat membuat buah hati Anda mengenal warna ataupun berbagai bentuk dengan baik. Dari mulai merah, kuning, hijau, biru dan masih banyak lagi lainnya.

  • Melatih konsentrasi.

Salah satu mainan yang dapat melatih konsentrasi untuk anak adalah puzzle, dipasaran sendiri dijual dengan berbagai jenis dan juga model yang berbeda-beda. Jenis mainan anak ini memang tidak membutuhkan gerakan yang begitu aktif, jadi konsentrasi anak akan lebih tinggi dan baik. Dengan potongan-potongan setiap bagian, anak akan berusaha untuk menyatukan dengan fokus pada tujuan.

Baca Juga:Mainan Tradisional yang Akan Membuat Anda Ingin Bernostalgia

  • Mengenal sebab akibat.

Adanya fasilitas mainan yang didapatkan buah hati akan membuat mereka menyadari sebab akibat dalam suatu kasus. Misalnya saat bermain bola, bagaimana harus melempar, menendang dan lain sebagainya. Dan Anda pun mulai mengerti trik untuk melakukan segala kegiatan yang sering didapatkan dalam permainan.

  • Mengasah motorik.

Beberapa mainan edukasi untuk anak-anak memang sudah dirancang khusus supaya bisa digunakan untuk meningkatkan saraf motorik halus pada anak. Misalnya beragam jenis bentuk bidang dan tekstur yang ada, dan cara lainnya. Inilah salah satu dorongan untuk anak supaya tumbuh menjadi seorang pribadi yang lebih cerdas seperti yang Anda sebagai orang tua inginkan.

Demikian dari beberapa penjelasan mengenai pentingnya sebuah mainan untuk fasilitas dan dorongan tumbuh kembang seorang anak. Sebenarnya untuk meningkatkan kecerdasan sejak dini bukan hanya dari berbagai model dan jenis mainan anak tetapi bisa juga dari buku dongeng yang sering diceritakan, dilihat atau mungkin dibacanya. Dan ada lagi bentuk dari software yang dijual bebas untuk edukasi buah hati Anda. Bagaimana, tertarik untuk membelikannya?

Be the first to comment on "Peran Penting Mainan Anak dalam Menunjang Kecerdasan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*