Ternyata Mainan Lego Ada Manfaatnya untuk Anak, Ini Ulasannya!

Bermain menjadi aktivitas yang amat menyenangkan dan selalu identik dengan anak-anak. Namun ternyata banyak orang tua yang kadang melarang anak terlalu banyak bermain. Sebetulnya tidak salah, namun jangan sampai karena hal ini kreativitas anak Anda juga berkurang. Sebetulnya jika Anda kreatif, maka momen bermain ini sebetulnya bisa jadi hal menyenangkan untuk anak dalam tahap belajarnya sehingga tetap bisa menghiburnya dengan permainan namun tetap belajar juga di waktu yang sama, salah satunya menggunakan mainan lego.

Di kalangan anak, lego menjadi permainan yang banyak difavoritkan. Lego ini adalah mainan yang berbentuk seperti balok-balok yang nantinya bisa disusun jadi sebuah bentuk tertentu. Jangan anggap lego ini sebagai mainan biasa karena ternyata lego juga punya banyak sekali manfaat bagi si kecil, diantaranya:

  • Mengenal warna, bentuk dan ukuran

Manfaat pertama adalah lego bisa menjadi sarana untuk orang tua membantu anak lebih mengenal warna, bentuk hingga ukuran tertentu. Ketika memainkan lego, Anda bisa sambil mengajarkan anak tentang warna-warna yang ada mengingat lego terdiri dari ragam warna. Anda bisa mengajarkannya pelan-pelan. Bantu juga dirinya membuat satu bentuk tertentu sehingga bisa jadi sarana membuat si kecil tahu akan ukuran.

  • Tingkatkan kreativitas

Lego hadir dengan banyak bentuk dalam ukuran yang kecil sehingga nantinya bisa dibentuk jadi sebuah bentuk tertentu dalam ukuran besar. Dengan cara ini maka imajinasi anak juga akan meningkat sehingga menuntutnya kreatif dalam membuat sebuah bentuk tertentu. Anak bisa menyusun mainan lego dengan bebas namun Anda bisa membantunya sedikit demi sedikit untuk membentuk satu bentuk tertentu. Cara ini juga ternyata bisa bantu anak belajar untuk memecahkan masalah sehingga bisa membuat bentuk terbaik yang bisa dilakukannya.

  • Melatih koordinasi

Motorik halus yang ada pada anak masih butuh dilatih terus menerus. Hal ini kadang menjadikan anak kurang sabar ketika merangkai legonya. Dari sinilah peranan Anda dibutuhkan dimana Anda harus bisa membantu anak untuk menempatkan lego di posisinya sehingga anak bisa termotivasi. Cara ini juga mampu jadikan anak berlatih koordinasi dari panca inderanya misalnya mata dan juga tangan.

  • Tingkatkan kemampuan sosialisasi

Bermain lego tak melulu harus dilakukan sendirian. Anda bisa mengajak teman si kecil untuk bermain bersama dan melakukan pemecahan masalah bersama. Dengan cara ini anak akan mampu belajar untuk bisa bersosialisasi dengan anak lain dan juga bermusyawarah.

Ternyata mainan lego banyak sekali manfaatnya bukan? Jadi jangan larang anak Anda bermain lagi. Seharusnya sudah jadi tugas orang tua menjaga anak dan bisa kreatif dalam hal pendidikan anak sehingga si kecil bisa berkembang dengan baik.

Be the first to comment on "Ternyata Mainan Lego Ada Manfaatnya untuk Anak, Ini Ulasannya!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*