Tips Membersihkan Mainan Anak yang Tepat Berdasarkan Jenisnya

Mempunyai rumah yang selalu terlihat berantakan merupakan salah satu hal yang wajar jika Anda mempunyai buah hati yang masih berumur dibawah lima tahun. Hal itu dapat dilihat jelas ketika buah hati selesai bermain, hampir semua jenis mainan anak berserakan dilantai. Tentu saja sebagai orang tua mempunyai tugas utama merapikan kembali apapun yang ada. Tetapi saat membereskan berbagai permainan tersebut sering sekali orang tua lupa untuk membersihkan mainan yang telah digunakan oleh anak. Padahal seperti yang diketahui mainan yang kotor akan sangat membahayakan untuk kesehatan buah hati Anda.

Tetapi orang tua saat membersihkan mainan juga tidak bisa sembarangan, harus melakukannya secara tepat supaya tidak merusak kondisi mainan. Nah, berikut ini ada beberapa tahapan membersihkan mainan sesuai dengan jenisnya yaitu:

  • Boneka dan mainan lembut.

Pernahkah orang tua berfikir apa jadinya kalau boneka kesayangan buah hatinya dipenuhi dengan tungai yang dapat membahayakan kesehatan. Sebelum anak Anda terserang penyakit akan lebih baiknya atur jadwal untuk membersihkan secara rutin. Caranya cukup mudah, Anda bisa mencucinya menggunakan mesin cuci maksimal 2 minggu sekali atau sebelumnya bisa rendam terlebih dahulu pada air hangat supaya bakteri jahat terbunuh.

  • Mainan elektronik.

Tidak sedikit anak yang lebih menyukai permainan dari berbagai barang elektronik misalnya robot, pesawat, game tab atau jenis lainnya. Untuk menjaga mainan anak tersebut tetap bersih bisa menggunakan lap yang telah diberi dengan antiseptik. Walaupun memang kemungkinan kecil bakteri dalam mainan tersebut masuk dalam tubuh anak Anda tetapi lebih baiknya mengantisipasi dengan membersihkan secara rutin.

Baca juga tips membeli mainan yang tepat untuk anak. Lihat selengkapnya di beritajualbeli.com

  • Mainan dari bahan plastik.

Ada beberapa jenis mainan yang terbuat dari plastik, berbagai jenis mainan tersebut juga jangan pernah ketinggalan untuk dibersihkan. Caranya bisa merendamnya terlebih dahulu pada air hangat yang telah dicampur dengan antiseptik. Setelah direndam bisa menggosoknya secara perlahan supaya kotoran tuntas dan bilas dengan air bersih.

  • Mainan kayu.

Mainan yang terbuat dari berbagai jenis bahan kayu ternyata juga tidak luput dari serangan bakteri jahat yang mengancam kesehatan buah hati. Untuk melakukan perawatan mainan tersebut cukuplah mudah, Anda bisa mengelapnya dengan menggunakan cuka. Bahan cuka sendiri terbuat dari bahan alami yang tentunya tidak membahayakan anak.

Mempunyai anak yang rentan terserang penyakit tentunya menjadi dilema sendiri bagi para orang tua. Makanya untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut Anda bisa memulainya untuk selalu memperhatikan kebersihan setiap mainan. Waktu yang tepat untuk membersihkan semestinya sesering mungkin, kalau bisa setelah mainan anak tersebut digunakan langsung dibersihkan terlebih dahulu sebelum dikembalikan pada tempatnya. Atau tidak sempat bisa mengerjakannya minimal 2 minggu sekali. Karena kesehatan anak tentu lebih berharga dari pada waktu yang digunakan untuk melakukan perawatan tersebut.

 

Be the first to comment on "Tips Membersihkan Mainan Anak yang Tepat Berdasarkan Jenisnya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*