5 Tips Memilih Sepatu Lari yang Benar agar Nyaman di Kaki

5 Tips Memilih Sepatu Lari yang Benar agar Nyaman di Kaki

Salah satu hal yang penting dalam olahraga lari adalah sepatu. Tak perlu sepatu dengan harga mahal, Anda juga bisa memilih sepatu dengan harga terjangkau namun tetap memiliki kualitas yang baik. Karena poin penting dalam memilih sepatu lari adalah kenyamanan kaki. Oleh karena itu, simak beberapa tips yang sebaiknya Anda lakukan agar mendapatkan sepatu olahraga terbaik berikut ini.

5 Tips Memilih Sepatu Lari yang Benar agar Nyaman di Kaki

Perhatikan Tipe Kaki

Memilih sepatu lari yang tidak sesuai enggan ukuran dan bentuk kaki bisa mengakibatkan cedera serius pada kaki. Hal ini disebabkan karena terdapat titik-titik syaraf penting pada telapak kaki. Untuk mengetahui bentuk kaki, Anda bisa melakukannya dengan cara menapakkan kaki dalam kondisi basah pada kertas. Lihatlah jejak kaki Anda pada kertas tersebut, jika kaki Anda memiliki lekukan di bagian depan dan tumit, itu artinya Anda memiliki tipe kaki yang melengkung. Tipe kaki yang seperti ini cocok mengenakan sepatu dengan sol yang memiliki lekukan.

Namun, jika kaki Anda memiliki tipe normal seperti bentuk lengkungan yang biasa saja, tidak tinggi dan tidak rendah, maka sebaiknya gunakan sepatu yang dapat menekan fitur stabilitasnya. Sedangkan untuk kaki yang seluruh permukaannya menempel pada alas, pilihlah jenis sepatu yang memudahkan Anda dalam memberikan kontrol pada pergerakan kaki.

Sesuaikan dengan Ukuran Kaki

Dalam memilih sepatu lari, jangan terpaku dengan nomor sepatu yang biasa Anda kenakan, karena setiap sepatu memiliki bentuk dan nomor yang berbeda sehingga mengharuskan Anda membeli sepatu secara langsung. Karena Anda akan menggunakan sepatu untuk lari, maka saat mencoba sepatu yang Anda inginkan sebaiknya kenakan kaos kaki agar Anda bisa menentukan apakah sepatu tersebut cocok atau tidak. Selain itu, agar nyaman dikenakan pastikan untuk memilih sepatu yang pas pada bagian tumit dan memiliki jarak sekitar 1,5 cm antara ujung jempol dan ujung sepatu. Hal tersebut bertujuan untuk memberi ruang ketika Anda berlari menggunakan sepatu tersebut.

Sesuaikan Sepatu dengan Aktivitas Anda

Khusus untuk sepatu lari, sebaiknya pilihlah sepatu dengan menyesuaikan kebutuhan Anda, karena olahraga lari memiliki tiga kategori, yakni lari jarak jauh, lari jogging dan juga lari cepat untuk perlombaan. Saat Anda melakukan lari jogging baik di pagi hari maupun di sore hari, pilihlah sepatu yang memiliki desain yang ringan. Lain halnya dengan lari estafet atau jarak jauh yang menggunakan sepatu dengan bobot yang lebih berat dan juga memiliki duri pada solnya.

Sementara untuk lari cepat jarak pendek untuk perlombaan, pilih sepatu yang hampir mirip dengan sepatu lari estafet. Perbedaannya hanya di ada di bagi sol, sepatu untuk lari jenis ini memiliki duri yang lebih pendek dibandingkan dengan sepatu untuk lari estafet. Dengan banyaknya model dan jenis sepatu untuk olahraga lari, maka carilah sepatu yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas yang Anda lakukan.

Ganti Sepatumu Secara Rutin

Sepatu olahraga kesayangan Anda memiliki batas waktu pemakaian. Pasalnya sepatu yang sudah tua dimakan usia akan kehilangan keseimbangan dan kemampuannya dalam meredam getaran pada saat dikenakan. Untuk itu, gantilah sepatu lari Anda jika sudah dipakai dalam jarak kira-kira 500-650 Km karena di saat itu sepatu akan mengalami penipisan pada bagian tengah dan tumitnya.

 

Be the first to comment on "5 Tips Memilih Sepatu Lari yang Benar agar Nyaman di Kaki"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*