Cara Memilih dan Membersihkan Sepatu Lari dengan Benar dan Tepat

Cara Memilih dan Membersihkan Sepatu Lari dengan Benar dan Tepat

Menjaga kesehatan dengan berolahraga kini menjadi sebuah budaya atau gaya hidup sebagian besar masyarakat. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan kesehatan serta mendapatkan kesenangan karena menyukai cara yang mereka lakukan tersebut. Beberapa contohnya adalah dengan bersepeda, berjalan santai atau berlari di area komplek perumahan. Bahkan saat ini untuk melengkapi kegiatan berolahraga, sudah banyak perlengkapan olahraga komersil yang masuk dan beredar di Indonesia seperti sepatu lari.

 Cara Memilih dan Membersihkan Sepatu Lari dengan Benar dan Tepat

Kini Anda bisa menemukan sepatu khusus untuk lari, untuk bersepeda dan keperluan olahraga lainnya. Banyaknya merk yang mulai menjual perlengkapan olahraga membuat kegiatan berolahraga menjadi lebih menyenangkan karena bisa juga digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri saat berolahraga. Akan tetapi karena banyaknya pilihan tersebut, Anda juga perlu jeli untuk memilih produk mana yang perlu dibeli dan mana yang perlu dihindari. Berikut ini adalah cara memilih sepatu khusus untuk lari yang bisa Anda terapkan untuk membeli sepatu guna kegiatan olahraga lari sore Anda yang nyaman dan aman: 

  • Sol sepatu.

Untuk memilih sepatu olahraga, pastikan Anda memeriksa bagian sol sepatu. Sol sepatu haruslah empuk karena akan menjadi pijakan selama melakukan kegiatan fisik yang menyita tenaga. Sepatu untuk berlari juga harus memiliki sol yang lebih tebal agar bisa menghindarkan kaki dari cidera akibat terkena tusukan benda tajam yang sering ada di jalan.

  • Ringan.

Untuk bisa mengayunkan kaki dengan leluasa, sepatu lari haruslah memiliki berat yang ringan. Untuk itu cobalah sepatu sebelum membeli dan gunakan untuk berlari kecil di area toko. Rasakan berat yang ditimbulkan sepatu dan pastikan Anda cukup nyaman menggunakannya sebelum membeli.

  • Selimut sepatu.

Bagian atas atau selimut sepatu juga menjadi bahan pertimbangan ketika akan memilih sepatu. Pilihlah selimut sepatu yang dengan pas dan nyaman membungkus kaki. Selain itu sebaiknya memiliki badan sepatu yang memiliki warna cerah sehingga sepatu bisa digunakan dengan terang dan mencolok di malam hari untuk membantu keamanan Anda.

  • Pengikat sepatu.

Ada beberapa jenis pengikat sepatu diantaranya adalah tali dan perekat. Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera. Namun ada juga sepatu yang tak memiliki pengikat karena menggunakan selimut dengan bahan yang dapat menyesuaikan ukuran kaki dan menguncinya. 

Dengan cara pemilihan di atas, Anda akan bisa memilih sepatu lari yang paling baik untuk digunakan. Setelah memilikinya, jangan lupa untuk rajin membersihkan setelah digunakan. Jemurlah sepatu setelah dipakai untuk berlari dan cucilah sepatu setelah digunakan beberapa kali agar membuat bagian dalam dan luarnya tetap bersih dan nyaman digunakan. Simpan sepatu dalam kotaknya jika Anda tak berniat menggunakan sepatu tersebut dalam waktu yang lama.

 

Be the first to comment on "Cara Memilih dan Membersihkan Sepatu Lari dengan Benar dan Tepat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*