Liga 1 Gojek Bukalapak Menjadi Liga Sepak Bola Profesional di Indonesia Tahun 2018

Liga 1 Gojek Bukalapak Menjadi Liga Sepak Bola Profesional di Indonesia Tahun 2018

Sepak bola merupakan satu olahraga yang tidak pernah ada matinya baik di Indonesia maupun di seluruh belahan dunia. Banyak klub olahraga berdiri baik di tingkat lokal maupun internasional. Bahkan setiap daerah memiliki tim-tim pejuangnya sendiri pada olahraga satu ini. Di Indonesia, untuk memeriahkan olahraga sepak bola selalu ada pertandingan-pertandingan yang diadakan baik oleh pemerintah maupun diadakan oleh organisasi sepak bola tertentu salah satunya adalah Liga 1 Gojek Bukalapak. Mungkin bagi pemula banyak yang belum mengetahui sebenarnya seperti apakah Liga 1 ini. Berikut adalah penjelasannya.

Liga 1 Gojek Bukalapak Menjadi Liga Sepak Bola Profesional di Indonesia Tahun 2018

Mengenai Liga 1 Gojek Bukalapak

Liga 1 Gojek Bukalapak merupakan liga sepak bola profesional yang disebut karena alasan sponsor. Liga 1 ini sebelumnya dikenal sebagai Indonesia Super League atau Liga Super Indonesia. Liga 1 merupakan level yang paling tinggi dari sistem liga sepak bola yang ada di Indonesia. Pada tahun ini sebanyak 18 klub ikut dalam persaingan dalam Liga 1 untuk bisa mendapatkan gelar juara yang menggunakan sistem kompetisi promosi dan degradasi.

Sejarah Liga 1

Sebenarnya Liga 1 Gojek Bukalapak ini dioperatori oleh PT Liga Indonesia Baru yang merupakan operator resmi Liga 1. Saham PT ini dipegang oleh 18 klub yang juga menjadi peserta. Liga ini diselenggarakan setiap 1 tahun sekali mulai pada bulan Maret hingga bulan November. Selama bulan itu, terhitung ada sebanyak 34 pertandingan untuk tiap peserta. Sistem permainannya yaitu secara kandang dan tandang atau home and away.  Mulanya liga ini dibentuk oleh PSSI pada 2008 lalu sebagai kompetisi profesional yang pertama ada di Indonesia dengan mengandalkan APBD sebagai modal. Pada awal diselenggarakan sebanyak 32 klub ikut berpartisipasi.

Pelaksanaan sistem liga pada sepak bola profesional ini sudah ada sejak tahun 2007 mengingat pada tahun itu pula terdapat kompetisi yang kurang adil dan memicu kerusuhan. Bukan hanya itu, terhitung terlalu banyak tim yang ikut berpartisipasi. Hingga tahun 2008, diselenggarakanlah kompetisi Liga 1 yang menjadi syarat dari FIFA yakni harus diikuti minimal oleh 18 klub yang merupakan klub profesional. Klub profesional di sini adalah klub yang tidak mendapatkan dana subsidi dari pemerintah (APBD).

Bukalapak Sponsor Utama Liga 1  2018

Pada tahun-tahun sebelumnya, salah satu sponsor Liga 1 ini adalah jasa travel agent online namun tahun ini ia tidak lagi bersedia menjadi sponsor. Hingga akhirnya digantikan oleh Bukalapak. Dari sinilah pertandingan liga profesional di Indonesia ini dikenal sebagai Liga 1 Gojek Bukalapak.

Sistem Kompetisi

Kompetisi pada Liga 1 Gojek Bukalapak ini menggunakan sistem satu wilayah. Pemenang pada pertandingan akan ditentukan dari banyaknya poin yang didapatkan dari 34 pertandingan yang diikuti. Jumlah poin yang paling tinggi dari seluruh klub secara otomatis akan menjadi juara Liga 1. Juara pertandingan akan menjadi wakil Indonesia pada play off Liga Champions Asia dan peringkat ke-2 dan je-3 dapat mewakili Indonesia di Piala AFC. Bagi 3 klub yang mendapatkan posisi 3 terbawah maka secara otomatis akan terdegradasi pada musim selanjutnya dan digantikan oleh tim yang mendapatkan promosi di Liga 2.

Be the first to comment on "Liga 1 Gojek Bukalapak Menjadi Liga Sepak Bola Profesional di Indonesia Tahun 2018"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*