Mengulas 4 Bentuk Olahraga yang Bisa Membantu Meringankan Skoliosis

Mengulas 4 Bentuk Olahraga yang Bisa Membantu Meringankan Skoliosis

Beberapa jenis olahraga ternyata bisa membantu meringankan beberapa keluhan penyakit yang diderita oleh siapa saja. Salah satunya untuk penderita skoliosis yang terjadi karena tulang punggung bengkok sehingga membuatnya tidak lurus. Skoliosis barangkali menjadi salah satu jenis penyakit yang tidak bisa sembuh total dan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Penderitanya dianjurkan untuk duduk di kursi minimalis dan tidur di kasur yang datar dan empuk. Namun, sudah tahukah Anda jika penderitaan skoliosis bisa diringankan dengan melakukan gerakan tertentu?

Mengulas 4 Bentuk Olahraga yang Bisa Membantu Meringankan Skoliosis

Gerakan Olah Badan untuk Ringankan Skoliosis

Beberapa jenis olahraga ternyata dikenal membantu penderita skoliosis untuk mengurangi rasa nyeri sehingga bisa tetap beraktivitas dengan normal. Jenis gerakan yang dianjurkan antara lain:

Berenang,

Berenang menjadi salah satu olah badan yang baik untuk dilakukan rutin para penderita skoliosis. Sebab tekanan air bisa membantu meringankan beban yang ditopang oleh tulang punggung atau tulang belakang. Namun gunakan gerakan gaya bebas sewaktu berenang karena jika memakai gaya dada malah memperparah rasa sakit di punggung bagian bawah. Selain meringankan nyeri skoliosis, berenang juga membantu menjaga kesehatan organ jantung dan juga paru-paru maka sangat tepat dilakukan secara rutin.

Yoga,

Gerakan di dalam yoga ternyata juga efektif meringankan rasa sakit skoliosis, dan nantinya bisa membantu meningkatkan kekuatan tulang punggung. Disarankan untuk latihan gerakan kayang yang efektif melenturkan otot dan sendi di tulang punggung. Pada masa awal percobaan mungkin Anda akan merasa sakit yang cukup di area punggung bawah. Namun ketika kembali ke posisi normal dijamin rasanya enak dan tidak ada rasa sakit, baiknya dilakukan rutin supaya saat kayang tidak lagi sakit.

Baca juga  : Ini Dia 5 Olahraga di Rumah yang Ampuh untuk Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Sit up,

Gerakan olah tubuh bernama sit up rupanya juga menjadi salah satu gerakan yang wajib rutin dilakukan para penderita skoliosis. Gerakan ini akan membantu membangun otot dengan memaksanya melakukan gerakan yang ekstrim. Gerakan ini sederhana dan mudah dilakukan meski penderita skoliosis akan merasakan nyeri ketika awal-awal mencobanya. Baiknya sebelum sit up sudah melakukan pemanasan agar otot lebih lentur, nantinya bisa mengurangi rasa sakit dan otot lebih rileks saat diajak melakukan gerakan ini.

Bersepeda,

Kegiatan bersepeda rupanya memberi efek cukup besar pada kepadatan dan kekuatan tulang belakang. Ketika rutin dilakukan akan membuat tulang punggung dan seluruh tulang belakang semakin kuat. Sangat baik bagi penderita skoliosis untuk mencegah kondisi lebih buruk dan mengurangi atau meredakan rasa nyeri. Bersepeda pun bisa dilakukan sekali seminggu atau setiap pagi tergantung kondisi badan dan kesibukan Anda. Rutin melakukan olahraga satu ini dijamin akan membantu mengatasi skoliosis supaya tidak terlalu sering memberikan rasa nyeri.

Be the first to comment on "Mengulas 4 Bentuk Olahraga yang Bisa Membantu Meringankan Skoliosis"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*