Tips Mudah Mengatur Waktu untuk Olahraga Secara Rutin

Tips Mudah Mengatur Waktu untuk Olahraga Secara Rutin

Memiliki tubuh yang sehat adalah impian dari setiap orang. Terhindar dari penyakit adalah suatu keutamaan yang tidak boleh dihindari. Dengan memiliki tubuh yang sehat, kegiatan yang dilakukan setiap harinya akan mudah untuk dilakukan. Berbeda dengan orang yang sakit-sakitan, mereka akan dengan mudah terkena penyakit hinga pada akhirnya pekerjaan banyak terbengkalai dan butuh waktu lama untuk menyelesaikannya. Salah satu cara yang paling ampuh untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan olahraga. Selain juga harus diimbangi dengan makanan yang baik dan teratur, suplemen yang cocok dengan tubuh Anda juga tidak boleh kalah. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat dari berolahraga.

Tips Mudah Mengatur Waktu untuk Olahraga Secara Rutin

Durasi

Dengan melakukan olahraga setiap hari, akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Anda bisa membantu tubuh untuk menyeimbangkan pengeluaran energi yang didapatkan oleh tubuh. Untuk itu, melakukan kegiatan ini setiap hari secara rutin sangat penting, agar tubuh Anda bisa selalu siap dan bugar. Tidak perlu melulu melakukan kegiatan yang susah dan sulit, Anda hanya perlu untuk melakukan beberapa kegiatan ringan seperti berjalan, senam, bersepeda, ataupun jogging. Untuk masyarakat Indonesia sendiri direkomendasikan untuk melakukan aktivitas menggerakkan tubuh ini selama 150 menit dalam seminggu atau 30 menit setiap harinya atau paling tidak 3-5 hari dalam seminggu.

Lama waktu tergantung kebutuhan badan

Sudah bukan menjadi hal yang tabu jika dengan berolahraga bisa menurunkan banyak berat badan. Oleh karena itulah banyak orang yang rutin setiap harinya melakukan olahraga untuk satu hal ini. Namun, bagaimana jika kegiatan yang setiap harinya ini Anda lakukan masih belum membuahkan hasil dan malah masih mengalami kenaikan berat badan? Jika Anda sudah melakukan rutin selama 30 menit dalam sehari, maka ada baiknya Anda menambah durasi.  60 menit adalah waktu yang disarankan beikutnya agar berat badan Anda bisa turun, batasnya yang direkomendasikan adalah 90 menit dalam satu hari, itu pun bagi orang yang sudah mengalami berat badan yang berlebihan, kehilangan berat badan, dan yang mempertahankan penurunan berat badan untuk jangka panjang.

Akibat terlalu lama berolahraga

Dengan melakukan olah tubuh setiap hari secara rutin akan membuat tubuh lebih segar dan ugar. Namun, jika Anda berlebihan dan terlalu lama dalam melakukannya bisa menimbulkan efek lain yang berdampak negatif. Jika terlalu lama bisa mengakibatkan tubuh mengalami overstraining dan menyebabkan kelelahan yang berkepanjangan, cedera, kehilangan motivasi, mudah marah, sulit tidur, dan berbagai dampak lain yang tidak baik bagi tubuh. Mengatur jadwal olahraga adalah hal penting yang bisa Anda lakukan sebelum melakukannya secara rutin setiap harinya.

Semoga berbagai tips di atas dapat membantu Anda mengatur waktu melakukan kebiasaan sehat ini dengan lebih baik lagi.

Be the first to comment on "Tips Mudah Mengatur Waktu untuk Olahraga Secara Rutin"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*