7 Tips Mudah Untuk Meningkatkan Jualan Online Yang Bisa Anda Terapkan Sekarang Juga

E-commerce. Shopping cart with cardboard boxes on laptop. 3d

Apakah Anda ingin menjual lebih banyak barang secara online?

Kabar baiknya, kini orang-orang lebih senang membeli secara online. Data dari Menkominfo menyebutkan bahwa nilai transaksi e-commerce pada tahun 2013 mencapai angka Rp130 triliun. Ini merupakan angka yang sangat fantastis mengingat, berdasarkan data dari McKinsey, hanya sekitar 7% dari pengguna internet di Indonesia yang pernah belanja secara online. Data dari lembaga riset ICD memprediksi bahwa pasar e-commerce di Indonesia akan tumbuh 42% dari tahun 2012-2015. Menilik data pertumbuhan ini, sudahkan situs Anda dioptimalkan untuk jualan online? Jika belum, berikut ini tujuh tips sederhana yang dapat Anda terapkan sekarang juga. Tapi ingat, ini bukan tips instan. Perlu waktu untuk menuai hasil.

1) Tetapkan satu target

Pilihlah satu target utama jualan online, misalnya meningkatkan konversi penjualan atau meningkatkan traffic pengunjung.

2) Jangan segan mengeluarkan modal

Meskipun banyak fasilitas dan alat yang tersedia secara gratis (WordPress, plug-ins), pasti ada beberapa hal yang harus Anda beli. Siapkan modal untuk membayar jasa desain grafis, jasa project manager yang paham cara untuk meningkatkan berbagai hal, dan jasa perusahaan desain website yang memahami target Anda, dapat menyesuaikan dengan anggaran Anda, dan memiliki rekam jejak yang terbukti tepat waktu dan tepat anggaran.

Baca Juga: 3 Tips Belanja Hemat di Toko Online Shop Murah

3) Lebih Cepat Lebih Baik

Pernahkah Anda mencoba mengakses situs jualan online Anda lewat smartphone akhir-akhir ini? Jika Anda masih sempat meminum kopi latte Anda saat menunggu halaman dimuat, itu artinya website Anda terlalu lambat. Minta tim pengelola website Anda untuk memeriksa platform yang mereka gunakan dan jika bisa tingkatkan kecepatan aksesnya.

4) Optimalkan Semaksimal Mungkin

Siapkan website Anda untuk para pembeli yang mengakses lewat ponsel – situs Anda harus dapat menyesuaikan tampilannya berdasarkan perangkat yang digunakan pengunjung. Tambahkan lebih banyak konten visual untuk orang-orang yang mengakses melalui gadget. Pastikan semua tombol dan call-to-action dapat diakses lewat layar sentuh.

5) Tuntun Pembeli

Ketika menjual, pastikan Anda menuntun pengunjung ke bagian penjualan. Dengan kata lain, tuntun mereka ke bagian situs yang mendorong mereka untuk membeli, bagian situs yang tidak berisi berbagai hal yang mengalihkan perhatian mereka dan membuat mereka batal mengeluarkan kartu kredit mereka.

6) Tawarkan Ongkir Gratis

Penelitian menunjukkan bahwa ini adalah faktor utama yang meyakinkan pengunjung untuk membeli. Lihatlah Amazon dan Zappos. Strategi ini berhasil. Lakukan kalkulasi agar Anda bisa menyesuaikannya dengan model bisnis Anda.

7) Fokus pada SEO
Berinvestasilah dengan konten yang banyak dan konten yang tepat. Video memiliki peringkat yang lebih tinggi daripada teks di mesin pencari dan memiliki efek jangka panjang pada SEO.

Be the first to comment on "7 Tips Mudah Untuk Meningkatkan Jualan Online Yang Bisa Anda Terapkan Sekarang Juga"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*